Tanggal:19 May 2024

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Sobat Vocasia tahu nggak, sih, perbedaan dari wiraswasta dan wirausaha? Jika kalian menggunakan terjemahan dari Google, pasti kalian akan mendapatkan hasil yang sama dari terjemahan kata “wiraswasta” dan “wirausaha”, yaitu entrepreneur. Namun ternyata wiraswasta dan wirausaha sangat berbeda jauh, lho!

Wiraswasta adalah juga dapat diartikan sebagai orang yang memiliki keberanian dalam bersikap, berpikir, dan bertindak untuk menciptakan berbagai lapangan pekerjaan dan menjalani karier yang sifatnya mandiri. Sementara wirausahawan atau orang yang berwirausaha yakni orang yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta adalah pekerjaan yang menuntut kemandirian. Tipikal pekerjaan ini membutuhkan keuletan yang besar. Kamus Bahasa Indonesia bahkan mendefinisikan wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan, serta mengatur permodalan operasinya.

Wiraswasta sebenarnya tidak sekadar mengacu pada sebuah pekerjaan atau profesi tertentu. Secara lebih luas, wiraswasta adalah karakter atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyadari peluang suatu usaha. Peluang usaha ini dapat dilihat melalui suatu kejadian atau pengalaman yang dilaluinya sendiri.

Baca Juga :

Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

  • Menurut Suryo, Wiraswasta adalah orang yang memiliki sifat independen, berpandangan jauh, kreatif, inovatif, ulet dan bersedia untuk mengambil risiko dalam manajemen bisnis dan kegiatan yang mengarah pada kesuksesan.
  • Menurut Suhadi, Wiraswasta meliputi sejumlah karakteristik seperti percaya pada diri sendiri, cakrawala yang luas ke depan, memiliki ketangguhan mental, gesit dalam mencoba.
  • Menurut Sudjoko, Wiraswasta adalah mereka yang memiliki dan masih memiliki nilai-nilai kemanusiaan perintis, pelopor, pejuang kemerdekaan, pejuang kemajuan.
  • Menurut Fadel Muhammad, Wiraswasta adalah orang-orang yang fokus pada peluang daripada risiko.
  • Menurut Daoed Yoesoef, Wiraswasta merupakan dipimpin usaha, baik secara teknis dan/atau ekonomis dengan aspek fungsional seperti mempunyai, mengurus, mengambil tantangan ketidakpastian, mempelopori bisnis baru, penemu (inovator) atau peniru (imitator); dengan cara mengejar keuntungan maksimum dan manfaat serta membawa bisnis untuk kemajuan, perluasan, pengembangan, melalui kepemimpinan ekonomi untuk meningkatkan prestise, kebebasan, kekuasaan dan kehormatan serta kelangsungan usaha.

Baca Juga : Cara Membangun Brand Sendiri

Pengertian Wirausaha

Wirausaha berasal dari dua kata, ‘wira’ dan ‘usaha’. Wira mempunyai arti pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung, dan gagah berani. Sedangkan, usaha merupakan perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja. Secara harfiah, makna dari kata ‘wirausaha’ adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya.

Baca Juga :

Pengertian Wirausaha Menurut para Ahli

  • Menurut Soeharto Prawiro, kewirausahaan ialah sebuah nilai penting yang diperlukan untuk modal awal dalam melakukan sebuah usaha dan pengembangan usaha.
  • Menurut Joseph Schumpeter, wirausaha ialah seseorang yang mendapatkan kesempatan dan mampu membuat kesempatan tersebut menjadi suatu usaha yang menghasilkan.
  • Menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil risiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.
  • Menurut Kasmir, wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai keberanian dalam mengambil risiko dari sebuah peluang usaha yang ada dengan harapan ia mampu mendapat sebuah pelajaran baru dari peluang yang ia ambil tersebut.
  • Menurut Thomas W. Zimmerer, wirausaha merupakan penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan serta mampu memanfaatkannya menjadi sebuah.

Baca Juga : Cara Membangun Branding Bisnis Jasa

Perbedaan Dasar Wiraswasta dan Wirausaha

Tentunya wiraswasta dan wirausaha memiliki perbedaan yang mudah dikenali. Entah itu dari definisi, cara kerja, maupun cara berpikir. Berikut adalah perbedaan wiraswasta dan wirausaha:

Baca Juga :

Wiraswasta

  • Wiraswasta adalah orang yang terampil dalam menciptakan nilai tambah suatu produk atau bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan
  • Wiraswasta adalah berfokus menjalani satu bidang bisnis
  • Mampu bertindak dan berpikir sesuai dengan kemampuan dan keberanian untuk mencari uang secara mandiri

Baca Juga : 6 Ancaman Dalam Bisnis Online

Wirausaha

  • Wirausaha adalah orang yang bisa terampil dalam mengelola, memanfaatkan, maupun mengembangkan usaha
  • Bisa fokus dalam menjalani berbagai banyak bisnis
  • Bisa berkreasi dan berinovasi serta punya visi jangka panjang

Jadi, kira-kira begitulah perbedaan dari wiraswasta dan wirausaha. Apakah sekarang kamu sudah bisa membedakannya, Sobat Vocasia?

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *