Tanggal:17 May 2024
Melakukan interview di perusahaan lain - @istock

Pertanyaan Menjebak Saat Interview? Berikut Cara-Cara Mengatasinya!

Saat kamu mengikuti sebuah interview, orang yang mewawancarai kamu biasanya akan mempertanyakan semua hal yang dibutuhkan perusahaan sebelum menentukan kamu layak untuk diterima atau ditolak. Biasanya, pertanyaan-pertanyaan ini tidak jauh berbeda dari setiap wawancara dari banyaknya perusahaan. Mengapa begitu? 

Hal tersebut terjadi karena mereka akan menanyakan cerita kamu, data diri, hingga pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk dijadikan pertimbangan mereka. Lalu, kita harus mempersiapkan diri tidak sih? Tentunya dong! Maka dari itu, agar kamu tidak terjebak dengan pertanyaan-pertanyaan pada saat interview nanti dan bingung inging menjawab apa, yuk kita persiapkan dan lihat potensi pertanyaan-pertanyaan apa yang akan ditanyakan. 

Cek list berikut ini ya, ada cara untuk mengatasinya juga kok!

1. Apa Kekuranganmu? 

Pertanyaan pertama biasanya dapat dimulai dengan mempertanyakan kelebihan dan kekuranganmu. Kamu bisa menjawab sejujur mungkin, tetapi jangan lupa juga untuk memberi alasan dan cara kamu mengatasi kekuranganmu ya. Jangan sampai kekuranganmu ini menjadi bumerang kamu sendiri saat menjawabnya! 

2. Yang Diharapkan Dalam 5 Tahun Ke-Depan 

Pertanyaan ini sering sekali dipertanyakan. Mengapa begitu? Karena orang yang mewawancaraimu ingin tahu, apakah kamu memiliki pemikiran yang bagus dan dapat membantu perusahaan dalam pemikiran kreatif dan lain-lain. Jangan sampai kamu tidak tahu kamu lima tahun lagi menjadi apa ya! 

3. Nilai Diri Anda 1-10 

Penilaian diri itu sangat dibutuhkan pada saat wawancara, tetapi kamu sendiri juga membutuhkannya kok kalau dipikirkan. Dengan menilai diri, kamu tahu batas kemampuan dan menaikkannya agar kamu terus berkembang. Kalau kamu merasa diri kamu masih kurang, jangan takut-takut untuk memberi nilai yang realistis ya!

4. Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? 

Sebelum kamu melamar di perusahaan, pastinya kamu memiliki alasan tersendiri. Bisa dari posisi pekerjaan di perusahaan tersebut, lokasi, nama perusahaan yang prestisius, nominal gaji, dan masih banyak lagi. Pastikan saja alasan tersebut tidak membuat dirimu terjebak di wawancara yang sedang berlangsung ya. Berikan jawaban yang meyakinkan untuk orang yang mewawancaraimu.

Baca juga: Manfaat jika mengikuti magang

5. Cerita Tentang Diri Anda 

Pertanyaan ini biasanya digunakan pada awal-awal, bahkan pertanyaan pertama yang pastinya digunakan oleh interviewer. Siapkan paragraf atau kalimat-kalimat untuk menceritakan dirimu secara singkat, padat, dan jelas untuk mereka. Agar, kamu terlihat profesional dan tidak mengurang-ngurangi atau melebih-lebihkan.

6. Pengalaman Apa Yang Sudah Dimiliki? 

Pengalaman kerja memang sangat penting. Maka dari itu, kamu harus menjelaskan secara detial jika dipertanyakan pengalaman kerja apa saja yang sudah dilewati sebelum melamar di tempat tersebut.

7. Ada Pertanyaan? 

Setelah pertanyaan-pertanyaan telah ditanyakan kepada kamu, biasanya mereka akan mempertanyakan kamu untuk terakhir kalinya jika ada pertanyaan untuk mereka. Disini, kamu dapat menanyakan semua hal yang ingin kamu ketahui. Tips dan saran yang mungkin dapat kamu gunakan, mungkin tanya sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang kamu sedang lamar. Biar kamu kelihatan antusias!

Kalau kamu sedang interview, jangan lupa nih untuk mempersiapakan pertanyaan-pertanyaan menjebak yang bisa membuat interview-mu jadi gagal!

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *