Tanggal:02 May 2024

Android Vs Apple, Kalian Pilih Mana?

Perbedaan Antara Android & Apple

Pada kali ini Vocasia akan membahas perbedaan antara Android dan Apple.

Kita akan melihat pada kedua OS yang berbeda ini dari segi Design, User Interface, User Experience maupun Mesinnya sekalipun, Yuk tunggu apalagi simak!

Baca Juga | Keunggulan & Kekurangan iPhone 13 Series

Design

(Image Source : img.global.news.samsung.com)

Baca Juga | 5 Laptop Murah yang Cocok untuk Pelajar

Dari segi design dari brand yang mengusung sistem operasi Android memanglah sangat inovatif banyak sekali dari mereka yang berkembang pesat dengan mengupdate design yang sangat unik, berbeda dengan Apple kita tahu kalo mereka sangat tidak memperdulikan kompetitor mereka.

Apple disini selalu menggunakan design yang gitu-gitu aja, tetapi setiap Apple mengeluarkan design baru ada saja pihak kompetitor yang meniru design nya.

Contoh seperti saat iPhone 6 & 6s Launching, pasti kalian tahu bahwa banyak sekali brand Android yang meniru Design nya dan juga pada iPhone 7 Plus & 8 Plus banyak juga brand Android yang meniru Design nya.

Baca Juga | 7 Pekerjaan Online yang Cocok untuk Seorang Freelancer

User Interface

(Image Source : teknodaim.com)

Baca Juga | 5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Agar Cepat Mahir!

Dari segi user interface jika kamu pernah memiliki atau sampai sekarang memiliki Android & iPhone pasti sangat berbeda.

iPhone user interface sangat simple dan untuk orang yang sekiranya pengguna baru iPhone mungkin hanya butuh adaptasi dua sampai tiga hari karena Apple meng-klaim bahwa tampilan user interface yang mereka bawa akan sangat memudahkan para penggunanya karena di setiap produk iPhone memiliki user interface yang sama tergantung dari versi berapa iOS yang mereka gunakan.

Berbeda dengan Android di setiap brand yang berbeda pasti memiliki user interface yang berbeda juga, contoh jika brand Samsung di kompare dari segi user interface dengan brand Oppo pasti user interface nya berbeda.

Tapi balik lagi, semua tergantung kebiasaan kalian karena memang butuh adaptasi saja.

Baca Juga | Ketahui 8 Faktor dalam Desain Produk Ini, Agar Brand Kamu Menarik!

User Experience

(Image Source : doantech.com)

Baca Juga | 5 Skill yang Wajib Dimiliki UI/UX Designer

Dari segi user experience Android dengan Apple juga sangat berbeda, pengalaman dari segi Performa & Gaming.

Jika kita kompare dari segi Performa & Gaming antara Android dengan Apple mugnkin sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan.

Bedanya, jika kita masuk ke aplikasi instagram dan ingin membuat suatu Insta Story disitu akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok jika di iPhone hasil nya sangat halus, jika di Android sedikit Drop.

Dan untuk gaming disini iPhone dan Android memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing, jika di iPhone sedikit lebih halus tetapi baterai boros. Jika di Android tidak sehalus iPhone tetapi baterai awet.

Tapi disini tergantung kita bandingkan dengan Smartphone tipe apa dulu.

Misal kita ambil contoh iPhone Xr dengan Samsung Galaxy S9+ atau Smartphone manapun yang sama-sama rilis ditahun 2018 jika kita bandingkan di tahun 2021 iPhone Xr masih sangat unggul jika kita bermain game seperti PUBG & Genshin Impact atau game berat lainnya.

Baca Juga | 10 Tips untuk Jadi Streamer Game Handal

Update Software

(Image Source : media.istockphoto.com)

Baca Juga | Tips Mahir Microsoft Office

Jika di Android update hanya mendapatkan kurang lebih 3 tahunan, di Apple bisa mendapatkan update software yang lumyan panjang sekitar 5 tahunan bahkan lebih.

Di Android juga update software setiap brand Android mempunyai perbedaan tanggal update dikarenakan sistem operasi Android tidak di gunakan untuk satu brand saja, bedanya dengan Apple setiap update software setiap produknya selalu tepat waktu updatenya dikarenakan sistem OS mereka ya hanya Apple yang menggunakan.

Memory Storage

(Image Source : img.theweek.in)

Baca Juga | Fungsi ROM pada Komputer

Kita akan bahas dari segi RAM dahulu, di Android saat ini setiap brand saling berlomba-lomba untuk meningkatkan storage RAM mereka masing-masing.

Tidak dengan Apple, mereka sampai saat ini masih memiliki RAM yang sangat kecil dan untuk yang saat ini RAM terbesar Apple hanya 6GB jika di Android ada yang sampai 12GB.

Di Android juga bisa menggunakan SD Card tambahan, kalau di iPhone tidak bisa karena Slot Sim nya hanya untuk kartu Provider saja.

Baca Juga | Tips dan Cara Kamu Untuk Foto Bayi Kamu Dengan Benar!

Kamera

(Image Source : static.arenalte.com)

Baca Juga | 6 Jenis Kamera beserta Fungsi yang terdapat didalamnya

Memang target pasar setiap brand memiliki target yang berbeda-beda, jika di Android saja ada yang mengusung kamera 100 Mega Pixel atau lebih dan jika di iPhone masih saja memakai 12 Mega Pixel tetapi untuk kualitas juga tidak bisa di bilang jelek.

iPhone memang pasarnya sangat tidak ditargetkan untuk orang yang terlalu mementingkan seberapa besar mega pixel yang ada pada kamera tersebut, karena smartphone Apple menurut kami sangat ditargetkan untuk orang yang kesehariannya bekerja bukan selfie atau foto-foto.

Baca Juga | Mau tahu jenis kamera yang sering digunakan para Vlogger, Ini dia 5 Jenis Kamera para Vlogger

Kesimpulannya

Android & Apple memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi disini kamu sebagai fanboy Apple atau fanboy Android jangan terlalu baper dan saling menyerang.

Karena jika kamu sebagai user yang baik tidak akan memperdulikan hal tersebut, jika sudah nyaman dengan Android atau Apple itu hak kalian.

Belilah smartphone sesuai kebutuhan kalian, jangan untuk ajang gengsi atau apapun itu. Teknologi terus berkembang jika kita terlalu mengikuti smartphone dan ingin selalu yang paling update tidak akan ada habisnya.

Baca Juga | Hanya Modal HP, Ini 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Desain Rumah Impianmu!

Ingin memanfaatkan fitur smartphone-mu dan menghasilkan video yang berkualitas & keren? Yuk belajar Edit Video Menggunakan Smartphone hanya di Vocasia! Klik disini

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *