Tanggal:14 May 2024

Masih Mahasiswa dan Ingin Freelance? Pekerjaan-Pekerjaan Ini Cocok Untukmu!

Sebagai seorang mahasiswa, terkadang kesibukan kita ingin ditingkatkan dan tentunya keinginan menambah pengalaman dan skill lainnya di luar kegiatan mengajar dalam kampus bukan? Tidak salahnya kamu mencoba mencari pekerjaan untuk part-time atau yang biasa dikatakan sebagai pekerjaan sampingan! Kira-kira kamu bisa menjadi apa ya yang cocok? 

Tentunya hal ini dapat kamu pikirkan terlebih dahulu agar terkesan tidak terpaksa. Karena pada akhirnya, kamu akan bekerja di suatu tempat yang dimana kamu harus memberikan yang terbaik, walaupun hanya pekerjaan sampingan. Tentu juga, kepentingan kuliah juga tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan untuk kepentingan seperti ini. Karena hukumnya, mencari pekerjaan sampingan itu opsional ya. Kalau kamu merasa sanggup, jalani saja! 

Lalu, ada pekerjan-pekerjaan apa saja sih yang bisa diikuti sebagai part time untuk mahasiswa-mahasiswi di luar sana? Tentunya, pekerjaan-pekerjaan ini cocok banget untuk mahasiswa karena tugasnya yang mungkin tergolong ringan dan mudah, agar beban kuliahmu tetap menjadi nomor satu. Sudah ingin tahu belum? Yuk kita cek bareng-bareng di list berikut!

Baca Juga : Tugas dan Skill Marketing Freelance

1. Barista 

Pekerjaan yang satu ini banyak lho lowongannya, dan banyak peminatnya biasanya datang dari golongan para mahasiswa. Hal-hal yang harus kamu persiapkan? Diantaranya adalah mental dan fisik kamu. Saat para kafe sedang ramai, mental kamu akan diuji sekali. Untuk fisik sendiri, akan diuji setiap hari, karena kamu dapat bekerja hingga larut malam.

Baca Juga : Skill Yang Harus Dimiliki Barista

2. Content Writer 

Menjadi seorang content writer sangat praktis dan mudah, apalagi kamu suka menulis dan dapat bekerja dimana saja. Dengan kamu membuat hasil tulisan seperti artikel, kamu sudah bisa menghasilkan uang setiap artikelnya lho! Buat kamu yang suka menulis, bisa nih dicoba!

Baca Juga : Tugas Content Writer

3. Translator 

Skill bahasa kamu banyak dan bagus? Yuk bisa dicoba menjadi penerjemah. Dengan kamu bisa menguasai bahasa asing yang kamu telah pelajari, kamu sudah bisa menghasilkan uang dengan menjadi penerjemah lho, seru dan menarik banget bukan? Siap-siap juga dengan dokumen-dokumen yang akan menemani kamu bekerja ya!

4. Graphic Designer 

Jika kamu suka membuat desain dan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, mungkin menjadi seorang graphic designer adalah jawabannya! Terutama juga pada era digital media saat ini, pasti banyak perusahaan yang membutuhkan graphic designer lho! Jangan lupa siapkan portfolio kamu untuk mencari pekerjaan-pekerjaannya ya!

Baca Juga : Tugas Desainer Grafis Yang Harus Kamu Tahu

5. Guru Les Privat 

Kamu merasa pintar dalam bidang akademis? Bisa nih dicoba menjadi guru les privat untuk anak-anak sekolah dasar, hingga seumuran kamu saat kuliah untuk materi yang sedang kamu fokuskan tentunya. Menjadi guru les, kamu harus dapat bersabar, apalagi saat mengajar anak-anak. Juga, dapat mengajar dengan metode yang baik dan benar.

6. Tour Guide 

Kamu suka travelling dan bisa bahasa lain selain Bahasa Indonesia? Jadi tour guide aja! Jika kampus atau daerah tinggalmu memiliki banyak tempat wisata atau liburan, mungkin kamu bisa memandu para turis yang sedang berkunjung. Lalu, sekalian jalan-jalan dan mengasah skill komunikasi-mu juga bukan? Yuk dicoba!

7. Photographer 

Kamu suka foto-foto? sudah mahir juga? Mungkin menjadi fotografer adalah jawabannya. Banyak juga mahasiswa yang sampingannya menjadi fotografer lho, foto-foto model, produk, dan masih banyak lagi. Dengan model kamera dan laptop, kamu sudah bisa berpenghasilan nih!

Baca Juga : Cara Kamu Untuk Menjadi Fotografer Profesional

8. Online Shop 

Online shop juga sedang maraknya dalam beberapa tahun belakangan, apalagi dengan dibantunya aplikasi-aplikasi e-commerce yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis oleh para masyarakat. Jika kamu memiliki barang atau jasa yang dapat dijual, bisa nih kamu fokuskan dengan membuka online shop!

9. Videographer 

Selain fotografer, kamu juga bisa jadi videographer nih! Dengan modal kamera yang bisa mengambil video, kamu sudah bisa berpenghasilan! Apalagi kamu juga bisa editing, itu merupakan poin plus yang memudahkan kamu mendapatkan lowongan menjadi videographer. Kira-kira, minat gak nih jadi videographer?

Baca Juga : Cara Menjadi Videographer

Kamu yang sekarang menjadi seorang mahasiswa, jangan lupa untuk dicatat pekerjaan-pekerjaan rekomendasi untuk kamu coba sebagai pekerjaan sampingan ya! Selamat Mencoba!

Baca Juga | 7 Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk Seorang Freelancer, Yuk Coba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *