Tanggal:04 May 2024

10+ Contoh Iklan Kreatif

Contoh iklan kreatif ada apa saja ya? Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk mendorong ataupun membujuk kelayak luas agar tertarik pada brand dan jasa yang ditawarkan. Tujuan utama iklan adalah untuk mempengaruhi konsumen supaya dapat mengingat, mengenal, bahkan mempunyai hasrat ingin memiliki produk tersebut.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Iklan Online

Dengan adanya fenomena ini, kita dituntut supaya bisa lebih kreatif dan inovatif supaya dapat diterima oleh masyarakat. Kreativitas adalah kunci utama dalam tren iklan sekarang ini. Baik itu iklan komersial ataupun non komersial, tentu saja bukan hal mudah untuk mencurahkan ide dalam sebuah iklan kreatif. Dibutuhkan pola pikir out of the box secara ekstra. Sehingga mendapatkan ide yang bisa dituangkan ke dalam kalimat iklan dan bermanfaat bagi para entrepreneur.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Semakin bagus iklan yang dibuat, semakin efektif pula pengenalan suatu produk. Hal itu juga dapat meningkatkan penjualan kepada para konsumen. Pasalnya, mereka menggunakan media digital sebagai sarana membangun iklan yang nantinya akan disebarluaskan. Jika tertarik bekerja pada dunia periklanan, kamu harus mampu menguasai tata bahasa, riset produk, dan memiliki strategi untuk melihat target market.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Youtube

Masing-masing promosi iklan juga membutuhkan ide kreatif yang berbeda. Bagaimana? Kamu sudah siap untuk terjun di dunia perikanan? Atau ingin tahu lebih dalam seputar ide iklan kreatif yang sebelumnya tak pernah terpikirkan dalam benakmu? Yuk, simak berbagai contoh di bawah ini!

Contoh Ide Iklan Kreatif

Advertising Digital Platform (Google)

Penggunaan iklan kini telah bertebaran di berbagai tempat dan media. Masyarakat tentu sudah paham betul dan tentu akan mengabaikan iklan yang terlihat biasa saja. Iklan sendiri digunakan sebagai media pemasaran untuk mempromosikan suatu brand. Berikut ini terdapat contoh dari ide iklan kreatif, di antaranya:

1. Sirup Marjan

Saat menjelang bulan Ramadan, apa yang biasanya kamu nantikan? Menunggu waktu berbuka, gema takbir, aneka takjil, atau kegiatan bukber? Semuanya pasti kita rindukan di kala bulan puasa. Namun, jangan lupakan bahwa selalu ada satu iklan yang lekat mengisi suasana Ramadan. Yap, iklan sirup Marjan. Iklan yang satu ini sukses mencuri perhatian para audiens dengan kemunculannya yang hanya setahun sekali dan dibuat sekreatif mungkin. Tentunya agar audiens bisa berbondong-bondong memburu sirup marjan sebagai stok di rumah.

Baca Juga : Apa Itu Reklame

2. Sprite

Selanjutnya adalah iklan Sprite. Minuman soda yang satu ini pastinya sudah sangat terkenal oleh khalayak luas. Ia memiliki tagline “NYATANYA NYEGERIN”. Hampir semua orang pernah mengonsumsi minuman ini. Apalagi Sprite banyak disajikan dalam deretan menu minuman di restoran cepat saji.

Untuk urusan iklan, Sprite memiliki iklan yang sangat kreatif. Melalui iklannya, kamu akan diajak berimajinasi dan membayangkan kesegaran seteguk Sprite. Iklannya juga terkesan berbeda dengan iklan minuman lainnya. Menonton iklan Sprite ketika sedang haus-hausnya adalah godaan yang berat, apalagi di kala waktu puasa. Hayo, jangan sampai tergoda.

Baca Juga : Headline Yang Menarik

3. Pocari Sweat

Pocari Sweat Minuman (Google)

Bosan melihat iklan minuman pada umumnya? Kenapa kamu tidak mencoba membuat iklan minuman bertopik dengan tema animasi? Pocari Sweat memberikan contoh iklan minuman dengan animasi ala Jepang yang begitu unik dan menghibur, lho. Mungkin pembuatnya sudah memahami betul bahwa banyak target pasarnya orang Indonesia yang menyukai anime. Minat ini dijadikan sebagai konsep media marketing bagi iklan mereka. Unik sekali, kan?

Baca Juga : Twitter Ads

4. Bukalapak – Nego Cincai

Iklan dari e-commerce Bukalapak ini sangat booming di tahun 2017, lho. Hanya dengan musik dan lirik lagu yang dikemas dengan konsep sederhana, konsumen dapat memahami isi pesan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa membuat iklan yang berkesan kepada konsumen tidak memerlukan sesuatu yang kompleks. Terkadang hal sederhana yang dibangun dengan konsep yang tepat dapat membuat iklan sangat terkesan.

5. Kartu AXIS

Selanjutnya adalah iklan dari dunia kartu perdana yaitu AXIS. Mungkin banyak di antara kamu yang menggunakan kartu ini. Namun, kamu harus tahu bahwa sebelum AXIS bergabung dengan XL, ia menampilkan iklan yang sangat lucu dan kreatif.

Baca Juga : Facebook Fan Page

Siapa sih yang tak kenal dengan Om Hap? Iklan yang sangat lucu dengan pemeran yang bisa membuat penontonnya tertawa terbahak-bahak. Iklan yang bercerita tentang perjuangan lelaki gemuk bernama Hap yang ingin menjadi kiper profesional. Ia bahkan sampai mendirikan Hap Academy. Selain dapat menarik perhatian audiens, iklan ini juga memiliki kelebihan, yaitu dapat menggabungkan berbagai unsur termasuk penggunaan kata “tangkap, tangkap”.

6. McDonalds (MCD)

Iklan Kreatif MCD (Google)

Iklan ini akan menggambarkan orang-orang yang sedang berjalan di karikatur logo MCD pada sebuah penyeberangan jalan. McDonald ingin menyampaikan kepada para pejalan kaki bahwa keberadaan MCD ada di mana-mana. Bahkan, ia sudah tersebar hingga pelosok dunia.

Baca juga : Iklan Niaga : Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

7. Ojek Online

Untuk contoh iklan kreatif lainnya terdapat dalam ojek online (GOJEK). Iklan yang menayangkan seorang driver yang mengantarkan pelanggan menggunakan drone adalah hal yang sangat kreatif. Bila di tahun-tahun sekarang ini ia masih menggunakan motor, Gojek menggambarkan ilustrasi melalui iklan menggunakan drone pada 10 tahun mendatang. Jadi, apakah kalian sudah siap terbang dengan Gojek?

8. Rokok Djarum

Iklan Djarum 76 hingga saat ini masih terngiang di telinga masyarakat. Mengambil kisah tentang seseorang yang tidak sengaja menemukan teko ajaib. Kemudian muncul seorang jin lucu yang mengatakan “Akan kuberi satu permintaan”. Meskipun hanya satu permintaan yang dikabulkan, hal tersebut dapat diselesaikan dengan cara yang lucu dan bisa mengocok perutmu. Selain itu, sang Jin juga sering melontarkan kalimat yang sangat fenomenal yakni  “Wani piro?” (berani berapa). Sangat menarik perhatian, bukan?

Baca Juga : Cara Memasang Iklan di Facebook

9. Pencukur Bulu Hidung

Ilustrasi Iklan Pencukur Bulu Hidung (Google)

Iklan yang satu ini begitu kreatif. Dengan perpaduan karakter kartun yang lucu. Panasonic menggunakan kabel-kabel listrik yang sengaja dibuat menembus lewat hidung karakter iklannya. Ide iklan seperti ini bisa dijadikan referensi untuk para pebisnis lain sebagai ajang promosi yang penuh kreativitas.

10. Nestle

Nestle terbilang cukup unik dan bagus dalam mempromosikan produknya. Walaupun hanya membuat separuh dari kerangka balihonya, iklan tersebut tetap keren, lho. Di dalamnya terdapat gambaran burung terbang yang mencuri snack. Kemasannya dibuat seakan-akan benar-benar terbang.

Baca Juga : Cara Beriklan di TikTok

11. Mobil Volkswagen

Iklan ini menampilkan mobil VW atau Volkswagen yang beradu kecepatan dengan pesawat terbang. Mobil ini digambarkan memiliki kecepatan yang setara dengan pesawat. Sehingga, orang-orang pun memutuskan untuk memilihnya agar bisa mengemudi dengan kecepatan layaknya pesawat.

12. Saus Heinzo

Heinzo merupakan produk saus tomat yang cukup terkenal di dunia. Dalam iklan ini, Heinzo mengeluarkan sebuah pernyataan “No one grow Ketchup like Heinz ”. Maksud dari tagline ini adalah saus tomat merek Heinzo tidak ada duanya. Alasan tagline tersebut adalah karena saus tomat Heinzo terbuat dari buah tomat asli. Kita dapat menangkap makna tersebut dari botol saus yang terlihat seperti tomat yang dipotong-potong. Penyampaiannya pun cukup mudah dimengerti, bukan?

Perlu diingat bahwa iklan yang berhasil adalah iklan yang menyajikan kualitas di atas rata-rata dan sesuai dengan segmentasi pasar. Ketika brand dapat mengombinasikan kedua hal tersebut, tentunya dapat membantu untuk mengembangkan bisnis serta membuat para audiens terus tertarik. Dengan begitu, iklan tersebut akan disukai dan mampu meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Iklan Advertorial

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *