Tanggal:18 May 2024

Meta Tag: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat

Meta Tag (rawpixel.com)

Pengertian Meta Tag        

Meta tag adalah kunci untuk mendapatkan peringkat halaman web blogspot yang baik di search engine. Meta tag tidak akan muncul pada bagian halaman tulisan ataupun halaman situs. Meta tag HTML sendiri merupakan salah satu teknik SEO on page yang perlu Anda lakukan. Dengan memperhatikan penggunaan Meta HTML pada web anda, hal ini akan membantu web anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencari. Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda. Kata kunci tersebut juga harus terdapat dalam konten Anda. Google saat ini sudah sangat pintar menganalisis sebuah konten sehingga Anda tidak bisa sembarang memasukkan kata kunci.

Baca juga :

Fungsi Meta Tag

Fungsi dari meta tag dalam sebuah dokumen html memberikan informasi tentang berbagai aspek dari halaman web atau blogspot, baik dari nama penulis bahasa yang digunakan, judul dan kata kunci dari halaman web. Biasanya mesin pencari hanya akan menggunakan kata pertama dari konten web sebagai rujukan untuk mendapatkan hasil. Jika tidak menggunaan meta HTML, maka mesin pencari akan mengambil kata secara acak dari website Anda. Tentunya, itu kurang bagus untuk SEO. Dengan demikian fungsi meta tag HTML mempermudah kerja dari mesin pencari untuk melakukan index pada web anda. Mesin pencari akan lebih mudah mencocokan antara kata kunci pencarian dengan kata kunci pada web kita yang sudah kita buat meta tag HTML. Dengan menggunakan meta HTML, maka hal ini bisa dihindari. Kita bisa menggunakan kata–kata pertama yang merupakan ringkasan dari isi pada website kita.

Cara Membuat Meta Tag

Langkah membuat meta tag (rawpixel.com)
Langkah membuat meta tag (rawpixel.com)

Berikut cara memasang meta tag untuk website Anda. Seperti diketahui bahwa terdapat tiga jenis meta tag.

  • Meta title: <Title>Title Website Anda</Title>
  • Meta Description : <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>
  • Meta Keyword : <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Pengguna WordPress, Anda bisa dengan mudah memasang meta tag dengan plugin SEO. Salah satu plugin SEO WordPress yang populer digunakan adalah Yoast SEO. Dengan plugin Yoast SEO ini, Anda bisa membuat meta title, meta description, dan meta keyword dengan mudah.

Setelah Anda menginstall Yoast SEO, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengaktifkan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Klik Yoast SEO > Features > Advance Setting. Aktifkan opsi advance settings.

Menambahkan Title Tag

Tambahkan meta title. Buka post yang ingin Anda tambahkan meta title. Kemudian scroll ke bawah sampai Anda menemukan pengaturan Yoast SEO.

  • Baca Juga:7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat
  • Pada tab SEO, Anda akan melihat snippet yang akan menggambarkan bagaimana meta title dan meta description muncul di halaman hasil pencarian. Klik Edit Snippet untuk mulai menambahkan meta tag. Untuk menambahkan meta title Anda harus mengisi kolom SEO Title. Dengan menggunakan Yoast SEO, judul konten Anda akan dinilai baik jika tanda warna di bawah kolom judul berwarna hijau.

    Menambahkan Meta Description

    Tambahkan meta description. Anda dapat langsung menambahkan deskripsi pada kolom meta description. Isilah deskripsi yang sesuai dengan isi konten anda, buatlah deskripsi yang menarik dan layak klik, usahakan membuat meta description tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, sisipkan target keyword pada meta description.

    Menambahkan Meta Keyword

    Menambahkan meta keyword, Anda harus mengatur secara manual terlebih dahulu di Yoast SEO. Buka tab Titles & Meta > Other. Kemudian aktifkan User meta keyword tag dan simpan perubahannya. Masukkan keyword yang sesuai. Setelah selesai memasukkan keyword, simpan perubahan dengan klik tombol update. Masukkan judul sesuai artikel Anda pada kolom tersebut. Judul Anda akan dinilai baik jika tanda warna di bawah kolom judul berwarna hijau.

    Contoh Code Meta Keyword

    Berikut ini sample code meta keywods. Beberapa keywords dapat diinput dengan dipisahkan tanda koma.

    <meta name=”keywords” content=”seo, panduan seo, search engine optimisation, search engine optimization”>

    Meta Title dan Meta Description, jika Anda menggunakan Builder atau CMS dalam membuat website, umumnya juga akan disediakan fitur untuk mengatur Meta Keywords secara lebih mudah.

    <head>

    <meta charset=”UTF-8″>

    <title>Yuk, Pelajari Meta Tag dan Pengaruhnya terhadap SEO!<title>

    <meta name=”description” content=”Pengertian Meta Tag”>

    <meta name=”keywords” content=”meta tag, adalah”>

    <meta name=”author” content=”Angela”>

    <meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>

    </head>

    Code ini memang dibuat untuk mesin, agar bisa diproses dan semacam memberi tahu search engine apa sebenarnya isi kontenmu dan bagaimana kamu ingin menyampaikannya ke user.

    Kursus digital marketing
    kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
    Share

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *