Tanggal:10 May 2024

5 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

Hayo, siapa yang punya kulit wajah rentan jerawat? Duh, jerawat di wajah memang sangat mengganggu penampilan, ya, bestie. Apalagi saat jerawat pergi, tetapi meninggalkan bekas. Eits, tapi jangan khawatir. Masih banyak skincare yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi kulit berjerawat, salah satunya hyaluronic acid. Kira-kira apa ya manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat? 

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic Acid (Freepik)

Hyaluronic acid merupakan salah satu bahan aktif pada skincare yang memiliki banyak manfaat. Senyawa alami ini sebenarnya adalah zat yang diproduksi oleh tubuh. Fungsi utama hyaluronic acid yaitu untuk menjaga area tertentu dari tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Zat ini akan bisa ditemukan dalam jumlah besar di kulit, mata, dan jaringan ikat. 

Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid oleh tubuh turut berkurang. Hal ini lah yang menjadi penyebab utama berbagai permasalahan kulit kerap muncul. Salah satunya adalah munculnya jerawat. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu penampilan wajah dan membuat kepercayaan diri menurun, ya girls. Tapi tak perlu galau karena saat ini sudah banyak produk skincare  kaya akan kandungan hyaluronic acid sehingga permasalahan kulit wajahmu pun dapat teratasi.

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat (Freepik)

Hyaluronic acid atau yang biasa ditulis HA mengandung kaya akan manfaat bagi kulit. Sebagian orang menganggap hyaluronic acid sebagai suplemen, sementara yang menerapkannya secara topikal. Manfaat hyaluronic acid sangat bagus untuk semua jenis kulit, salah satunya adalah kulit rentan jerawat. Nah, khusus jenis kulit rentan jerawat, manfaat dari hyaluronic acid adalah sebagai berikut.

Baca Juga | Manfaat Retinol Untuk Kulit Berjerawat, Sudah Tahu?

1. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Jerawat

Sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit, hyaluronic acid akan membantu menghilangkan bekas jerawat dan juga mengurangi peradangan. Produk perawatan kulit yang mengandung zat hyaluronic acid ini sangat cocok buat kamu yang memiliki jenis kulit wajah berjerawat. Jadi, buat kamu yang galau dengan masalah jerawat yang tiada habisnya, jangan skip hyaluronic acid ini. 

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berjerawat

2. Menghidrasi dan Menjaga Kelembaban Kulit

Kelembapan kulit wajah akan memengaruhi munculnya jerawat. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit rawan muncul jerawat, harus selalu menjaga kelembapan kulit agar tidak memperparah dan memperburuk keadaan kulit wajah. Lalu, bagaimana sih caranya? Hyaluronic acid yang terdapat dalam lapisan kulit berfungsi menarik air dari tubuh untuk menghidrasi sel-sel kulit, sedangkan yang ada pada permukaan kulit, akan menarik air dari udara untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Hyaluronic acid  juga memberi manfaat mengikat air hingga seribu kali lipat sehingga kulit akan terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Dengan manfaat yang dimiliki hyaluronic acid, akan bisa membantu mengurangi pertumbuhan jerawat pada kulit wajah kamu.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Mencerahkan Wajah

3. Menenangkan Kulit

Jika kamu adalah salah satu pemilik kulit rentan jerawat, bagaimana sih sensasinya? Duh, pasti nggak nyaman banget. Jerawat terkadang bisa menyebabkan sensasi seperti terbakar pada kulit. Apalagi terkena terik matahari yang menyengat. Kondisi seperti ini tentunya membuat rasa tidak nyaman. Namun, tidak perlu khawatir lagi. Kandungan hyaluronic acid bisa membantu menenangkan kulit serta mengurangi bekas jerawat sehingga kulitmu akan kembali sehat dan tidak lagi merasakan sensasi terbakar. 

Baca Juga : 10 Manfaat & Cara Uap Wajah yang Mudah dan Benar

4. Menyamarkan Bekas Jerawat

Jerawat hilang, tapi meninggalkan bekas. Masalah ini tentu sangat memengaruhi tampilan wajah, ya Sobat Vocasia. Eits, tidak perlu galau lagi. Dengan menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid secara rutin, bekas jerawat dan bintik hitam akan teratasi. Hyaluronic acid berperan aktif dalam menyamarkan bekas jerawat . Kandungan ini mampu mengontrol tingkat peradangan, lalu mengirimkan sinyal ke dalam tubuh agar bisa memproduksi kepingan darah lebih banyak pada area bekas jerawat. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik

5. Membuat Wajah Bercahaya

Memiliki kulit cerah tentu menjadi keinginan semua orang, apalagi pada kulit wajah. Kandungan hyaluronic acid mampu membuka pori-pori sehingga bisa membuat kulit bersih dan halus. Hyaluronic acid juga membantu kulit bernapas dan mengisi bekas luka yang ditimbulkan oleh jerawat. Selain membuat kulit wajah bercahaya, kandungan hyaluronic acid juga membuat wajah menjadi lebih kenyal. Hal ini dikarenakan kandungan air di dalamnya tercukupi. So, kamu akan semakin percaya diri tampil di hadapan banyak orang. 

Baca Juga | 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Super Ampuh!

Tips Mencegah Kulit Berjerawat

Tips mencegah kulit berjerawat (Freepik)

Cara menghindari munculnya jerawat di wajah sebenarnya cukup simple. Tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk perawatan kulit mahal, kamu bisa mencegahnya timbulnya jerawat dengan cara sederhana mulai dari membersihkan kulit wajah secara rutin hingga mengonsumsi makanan sehat. 

1. Bersihkan wajah secara rutin

Membersihkan wajah secara rutin merupakan langkah terpenting untuk mencegah munculnya jerawat di wajah. Tidak hanya rutin, kamu juga harus membersihkan wajah dengan benar. Bersihkan wajah menggunakan facial wash atau sabun muka bebas alkohol untuk mencegah iritasi kulit. Mencuci muka disarankan 2 kali sehari saja. Cuci muka terlalu sering justru akan memperburuk jerawat. Membersihkan wajah secara rutin bertujuan untuk membersihkan kotoran / debu, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

Baca Juga : 9 Facial Wash Yang Cocok Untuk Remaja

2. Kurangi penggunaan makeup

Menggunakan makeup untuk menutupi jerawat di wajah seringkali menjadi solusi bagi sebagian orang. Padahal, hal tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga memicu tumbuhnya jerawat lebih banyak dan breakout pada wajah. Oleh karena itu, apabila kamu ingin menggunakan makeup untuk merias wajah, gunakan makeup natural dan hindari produk yang mengandung parfum dan minyak. Berbicara mengenai makeup, bagi kamu yang suka merias wajah bisa banget mengikuti kursus makeup yang ada di Vocasia. Buruan tingkatkan hobi dan skill-mu dengan mengikuti kursus makeup disini

3. Konsumsi makanan rendah kalori dan perbanyak minum air putih

Salah satu cara mencegah munculnya jerawat pada wajah yaitu batasi makanan tinggi kalori, seperti gorengan, minuman manis, dan makanan siap saji. Jenis makanan dan minuman tersebut menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, batasi mengonsumsi makanan tersebut dan perbanyak konsumsi makanan kaya akan nutrisi, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Selain itu, pastikan kamu cukup minum air putih dalam sehari kurang lebih 8 gelas agar tubuh tetap terhidrasi. Perlu diingat, apabila kulit mengalami dehidrasi dapat memicu munculnya jerawat karena produksi minyak berlebih akibat dehidrasi. 

Baca Juga | 6 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mencegah Jerawat, Wajib Kamu Konsumsi!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *