Tanggal:26 February 2024

11 Tips Berjualan Produk Di Tokopedia untuk Toko Onlinemu

Tips berjualan di Tokopedia.

Jika kamu hanya menjalankan bisnismu secara konvensional saja, maka bisnismu tersebut bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Maksudnya di sini, kamu hanya berjualan secara luring, tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang telah ada. Kamu masih menyewa ruko sebagai tempatmu berusaha. Masih terbilang agak baik jika tokomu ramai dikunjungi dan terletak di wilayah yang strategis. Namun, bagaimana jika letak usahamu ternyata berbeda jauh? Di wilayah yang sepi dan tanpa lalu-lalang orang? Tentunya hal itu justru akan merugikan bisnismu tersebut. Apalagi ditambah jika melihat usaha-usaha lain sudah meningkatkan diri dengan mulai memanfaatkan teknologi untuk kemajuan usahanya tersebut. Yang ada, tokomu ini semakin lama akan semakin terlupakan dan hilang karena tidak bisa bersaing dengan kompetitormu yang lainnya. Nah, oleh karena itu, sudah saatnya kamu juga mulai untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi ini guna mengembangkan usaha yang kamu miliki. Lalu, bagaimana caranya?

Kamu bisa mengalihkan usahamu tersebut dengan berjualan secara online di Tokopedia. Tokopedia adalah salah satu market place terbesar yang ada di Indonesia. Usahamu tersebut bisa mengalami lonjakan volume penjualan jika kamu mengalihkan penjualanmu tersebut secara daring melalui Tokopedia. Hal itu karena tokomu tersebut bisa diakses ke seluruh Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengelola bisnismu dengan mudah. Nah, berikut beberapa tips berjualan di Tokopedia untuk pemula sepertimu. Langsung saja, check it out!

1. Buat Branding Toko

Buat branding toko yang baik.
Buat branding toko yang baik. Sumber: Pexels

Tips #1 ketika kamu ingin berjualan di Tokopedia adalah membuat branding toko yang bagus. Melansir dari laman Tokopedia, branding adalah strategi untuk mengidentifikasi bisnis milikmu tersebut. Nah, membangun branding yang bagus bisa kamu mulai dengan mendesain toko dengan sama baiknya. Kamu bisa mendesain toko dengan memilih nama, warna, dan penempatan logo yang konsisten. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan tipografi dan pengemasannya. Dalam membangun branding toko ini, kamu juga bisa menuliskan informasi perihal bisnismu ini dengan detail. Membuat brand identity ini harus kamu lakukan karena dengan adanya hal tersebut, tokomu tersebut akan dikenal dan melekat di pikiran calon buyer/pembeli.

2. Buat Catatan Toko

Buat catatan toko.
Buat catatan toko. Sumber: Pexels

Tips #2 jika kamu ingin berjualan di Tokopedia adalah membuat sebuah catatan toko. Catatan toko ini berupa informasi yang lebih mendetail mengenai syarat, ketentuan, dan informasi penting terkait tokomu tersebut. Adanya pembuatan catatan yang detail ini akan memberikan persepsi bahwa tokomu tersebut merupakan toko yang bagus dan tidak abal-abal. Nah, beberapa catatan toko yang bisa kamu tuliskan untuk bisnismu ini adalah terkait kebijakan pengembalian produk, ketentuan same day delivery, cara mendapatkan free bubble wrap atau boks, dan lain sebagainya.

3. Buat List Produk yang Menarik

Pasang list produk.
Pasang list produk. Sumber: Pexels

Tips #3 jika kamu ingin berjualan di Tokopedia adalah membuat list produk yang menarik. List produk ini adalah halaman yang menampilkan produk-produk yang kamu jual di Tokopedia. Jadi, ketika seorang buyer/pembeli mengunjungi tokomu tersebut, biasanya mereka akan melihat-lihat list produk yang kamu jual ini. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat list produk yang menarik perhatian para buyer ini, sehingga mereka membelinya. Adanya pembuatan list produk yang baik, akan menjadikan produkmu ini memiliki potensi yang lebih besar untuk ditemukan di halaman pencarian oleh buyer. Nah beberapa tips untuk mengatur list produk agar terlihat menarik adalah sebagai berikut.

  1. Buat nama produkmu dengan cara: jenis/kategori + merek + keterangan.
  2. Pasang foto produk yang menarik.
  3. Tulis deskripsi produk yang lengkap/detail dan jelas.
  4. Pasang harga yang kompetitif, sehingga dapat bersaing dengan produk lain.

4. Upload Produk Jualanmu

Unggah foto yang menarik
Unggah foto yang menarik. Sumber: Pexels

Tips #4 yang bisa kamu coba ketika berjualan di Tokopedia adalah mengunggah produk jualan yang bagus dan menarik. Kamu bisa memulainya dengan memfoto produk-produk yang kamu jual dengan angle-angle yang cantik dan estetik. Nah, setelahnya kamu bisa mengunggahnya di akun Tokopediamu. Ketika proses mengunggah ini, kamu tak perlu meribetkan diri dengan mengunggahnya satu per satu. Hal itu karena Tokopedia telah menyediakan fitur ‘Tambah Sekaligus’ di halaman daftar produk yang bisa memudahkanmu dalam mengunggah banyak foto sekaligus. Lebih cepat dan efisien terhadap waktu tentunya!

5. Jasa Pengiriman

Jangan lupa untuk aktifkan bebas ongkir.
Jangan lupa untuk aktifkan bebas ongkir. Sumber: Pexels

Selain harga, buyer juga suka membandingkan jasa pengiriman barang yang digunakan. Hal itu dikarenakan biasanya terdapat biaya tambahan yang harus dibayar oleh buyer untuk jasa pengiriman tersebut. Nah, di sinilah buyer seringkali membadingkan jasa pengiriman yang digunakan masing-masing toko untuk melihat total yang harus mereka bayar. Oleh karena itu, tips #5 adalah usahakan jika tokomu memiliki jasa pengiriman yang bervariasi ya! Nah, kamu bisa juga nih mengaktifkan Bebas Ongkir yang tersedia. Buyer yang berbelanja di toko Power Merchant dan Official Store bisa mendapatkan bebas ongkir hingga Rp 20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama. Adapun pengiriman antar pulang dengan menggunakan SiCepat dan Antareja bisa mendapatkan bebas ognkir hingga Rp 40.000. Nah, sebagai seller, kamu tak akan dibebani biaya apapun, nih! Catatan, sebelum mengaktifkan bebas ongkir ini, pastikan tokomu sudah upgrade Power Merchant ya!

6. Fitur Dekorasi Toko

Dekorasi tokomu agar lebih cantik.
Dekorasi tokomu agar lebih cantik. Sumber: Pexels

Tips #6 ketika kamu ingin berjualan di Tokopedia adalah menggunakan fitur dekorasi toko. Tujuan digunakannya fitur dekorasi toko ini adalah untuk mempercantik dan memperindah tampilan tokomu tersebut. Nah, caranya yaitu dengan menggunakan banner, promo, produk unggulan, dan video. Fitur ini bisa kamu akses di halaman Tokopedia seller pada menu Dekorasi Toko.

7. Kelola Toko

Kamu bisa mengelola tokomu dengan gampang.
Kamu bisa mengelola tokomu dengan gampang. Sumber: Tokopedia

Tips #7 yang bisa kamu terapkan ketika ingin berjualan di Tokopedia adalah mengelola toko. Maksud mengelola toko ini adalah kamu bisa mengatur performa harian toko, informasi yang harus diselesaikan seperti pesanan masuk, pesanan yang harus dikirim, chat dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memanajemen stok produk atau ketersediaan barang, atau mencari info artikel dan even terbaru, melihat rangkuman penjualan selama seminggu, serta lain sebagainya. Nah, kamu bisa mengakses semua itu di dalam Halaman Tokopedia Seller.

8. Maksimalkan Penggunaan Fitur

Gunakan fitur yang ada.
Gunakan fitur yang ada. Sumber: Pexels

Tips #8 yang bisa kamu coba saat berjualan di Tokopedia adalah memanfaatkan semua fitur yang telah disediakan. Misalnya, kamu bisa menggunakan fitur TopAds untuk menjangkau buyer lebih banyak. Dengan memanfaatkan iklan berbayar ini, kamu bisa mengatur kata kunci tertentu yang ingin diiklankan, nah nantinya produk kamu tersebut bisa muncul di bagian teratas. Selain fitur TopsAds yang berbayar, kamu juga bisa memanfaatkan fitur promosi lain yang gratis yaitu dengan fitur Promote Satu Jam Sekali. Cara menggunakannya yaitu kamu bisa memilih salah satu produk jualanmu dan memilih ‘Promosikan Produk Ini’. Nah, dengan menggunakan fitur ini, produkmu bisa tampil di teratas secara gratis.

9. Pantau Penjualan

Selalu pantau penjualanmu.
Selalu pantau penjualanmu. Sumber: Pexels

Tips #9 yang bisa kamu coba ketika berjualan di Tokopedia adalah dengan memantau penjualan. Kamu bisa melakukannya menggunakan aplikasi Tokopedia seller, khusus bagi pengguna Android. Di dalamnya, kamu bisa dengan mudah untuk mengatur prioritas kegiatan jualanmu setiap hari dengan fitur ‘Penting Hari Ini’. Selain itu, kamu juga bisa mengakses fitur penting di dalam aplikasi melalui tampilan navigasi, membalas pesan dari buyer dengan cepat, dan lain sebagainya.

10. Fast Response

Selalu fast response dalam membalas pesan buyer.
Selalu fast response dalam membalas pesan buyer. Sumber: Pexels

Tips #10 yang harus kamu terapkan ketika berjualan di Tokopedia adalah selalu fast response. Ketika ada pesan masuk dari calon buyer, usahakan agar kamu langsung membalas pesan tersebut. Bayangkan jika kamu slow response atau lama membalas pesan tersebut? Mungkin saja calon buyer ini sudah berpindah dan memilih membeli di toko lain yang lebih fast response. Oleh karena itu, usahakan untuk cepat membalas pesan calon buyer dengan ramah ya!

11. Join Gold Merchant

Join gold merchant untuk fasilitas premium lain.
Join gold merchant untuk fasilitas premium lain. Sumber: Pexels

Tips #11 atau terakhir ketika kamu ingin berjualan di Tokopedia adalah join gold merchant. Gold merchant ini akan membuat tokomu tersebut tampil lebih beda dan meyakinkan. Dengan join gold merchant, kamu akan menerima badge ‘Gold Merchant’ berwarna kuning, bisa menambahkan orang lain sebagai admin, meningkatkan batasan jumlah etalase, memasang cover foto, dan menampilkan catatan toko di samping produk yang tampil, serta lain sebagainya.

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnismu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *