Tanggal:04 May 2024

Apa Itu Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Sasarannya

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Apakah Sobat Vocasia akan menjalani KKN? Atau mungkin saat ini sedang menjalani KKN? Untuk yang sedang menjalani KKN, Vocasia ucapkan semangat, ya! Namun untuk yang akan menjalani KKN dan tidak tahu apapun tentang KKN sebelumnya, kalian wajib membaca dulu artikel ini. KKN merupakan bagian dari proses kuliahmu.

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga:

KKN dapat diartikan sebagai implementasi apa saja yang telah kalian pelajari saat kuliah. Setiap mahasiswa mendekati akhir semester wajib melakukan kegiatan KKN. KKN dikhususkan untuk mahasiswa S1, dan KKN wajib diikuti sebagai syarat kelulusan.

Baca Juga | 9 Contoh Bisnis Sambil Kuliah

Pengertian KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dan sektoral. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung satu sampai dua bulan dan berlangsung di tingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan in-kurikuler yang memadukan tiga metode pendidikan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga | Tips Ampuh Lolos Seleksi Magang Kampus Merdeka, Wajib Kamu Coba!

Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat. Dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa peranan mahasiswa dalam berbagai kegiatan telah memberikan bukti-bukti. Selain itu, KKN memperkaya akan arti dan peran mahasiswa sebagai tenaga kerja terdidik dalam berbagai aspek kegiatan pembangunan.

Baca Juga | Ingin Diterima Magang? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Tujuan KKN

Secara sederhana, KKN salah satu program pengabdian masyarakat seorang mahasiswa yang bertujuan untuk:

  • Mendapatkan pengalaman untuk bekal setelah lulus, sekaligus melibatkan diri secara langsung belajar interaksi sosial, merumuskan masalah, menjadi problem solving terhadap lokasi tempat KKN berada dsb.
  • Berbagi ilmu berdasarkan kemampuan jurusan yang selama ini sudah dipelajari, tentu saja ini bentuk dari kaderisasi pembangunan dari kawula muda untuk Indonesia.
  • Sebagai sarana untuk mentransformasikan ilmu diperguruan tinggi ke masyarakat di tempat mereka tinggali dan membantu masyarakat sekitar untuk memecahkan masalah secara komprehensif, lintas sektoral, pragmatis dsb.

Baca Juga | Apa Itu KIP (Kartu Indonesia Pintar)?

Manfaat dan Sasaran KKN

Sebenarnya KKN ini tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa saja. Namun program ini ditujukan untuk tiga sasaran elemen kemasyarakatan untuk mendapatkan manfaatnya. Yang pertama adalah mahasiswa, masyarakat (mitra dan pemerintah), dan perguruan tinggi.

Baca Juga:

1. Mahasiswa

Memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:

  • Cara berfikir dan bekerja interdisipliner dan lintas sektoral.
  • Kegunaan hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pedesaan pada khususnya.
  • Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah.

Dengan mengikuti kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik.

Baca Juga:

Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauh mana mahasiswa mempunyai pemahaman permasalahan yang ada dalam masyarakat, mencari alternatif solusinya, melakukan sosialisasi, komunikasi, dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasikan solusi yang dipilihnya.

Baca Juga:

2. Masyarakat (Mitra dan Pemerintah)

KKN memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan pengembangan masyarakat. KKN meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap, dan bertindak dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, dengan KKN kita dapat memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pemberdayaan daerah serta membentuk kader-kader pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga | 8 Cara Ampuh Menghindari Plagiarisme, Mahasiswa Wajib Tahu!

3. Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Selain itu dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau lembaga lainnya dalam pengembangan IPTEKS. Kemudian, KKN dapat mengembangkan IPTEKS yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah di masyarakat.

Baca juga | 7 Beasiwa Kuliah Di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *