Tanggal:21 May 2024

10 Cara Memutihkan Leher Belakang, Dijamin Ampuh!

Cara memutihkan leher belakang gimana sih? Semua kalangan masyarakat terutama kaum hawa sangat mementingkan penampilan. Terbukti bahwa mereka selalu melakukan perawatan tubuh untuk menunjang kecantikan dan kepercayaan diri yang tinggi.

Oleh karena itu, memiliki kulit bersih, putih, dan sehat impian mereka. Tetapi, padatnya aktivitas di luar ruangan serta berpaparan langsung dengan sinar matahari menyebabkan kulit kita menjadi lebih kusam. Terutama pada leher belakang yang sangatlah tampak perubahan warnanya.

Sehingga, tekstur kulit pun akan terasa lebih kasar. Saat kamu beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan sunscreen terlebih dahulu. Gunakanlah baju dan celana berlengan panjang supaya leher belakang tidak terlalu terlihat gelap.

Lantas, adakah cara memutihkan leher belakang paling efektif dan ampuh? Yuk, simak penjelasannya berikut ini dari Vocasia yang akan dibahas secara tuntas.

10 Cara Memutihkan Leher Belakang

Ilustrasi Perawatan Kulit Leher (Pexels)

Cara memutihkan leher belakang dapat kamu lakukan secara alami juga, loh. Berikut di antaranya:

1. Aloe Vera

Ilustrasi Aloe Vera (Pixebay)

Tanaman ini terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan kaya antioksidan yang ada pada lendir tanaman lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga, regenerasi kulit leher terjadi lebih cepat dan dapat membuat area leher bercahaya, berkilau, dan sehat. Caranya sangat sederhana, yaitu kamu ambil satu batang lidah buaya berukuran sedang, cuci bersih kemudian potong menjadi dua memanjang. Kemudian, kerok daging buahnya dan oleskan secara merata pada seluruh permukaan kulit leher. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam

2. Cuka Apel

Cuka Apel (Pexels)

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memutihkan leher secara alami dan instan dalam 1 hari, cobalah bahan alami ini. Dengan sari cuka apel bisa digunakan untuk mencerahkan kulit leher. Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mencerahkan kulit leher. Selain itu, ia termasuk salah satu bahan alami yang dapat menutupi bintik-bintik jerawat di wajah dan leher yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Caranya juga cukup mudah dilakukan, yang perlu kamu lakukan adalah menuangkan cuka sari apel dalam jumlah yang tepat ke dalam wadah kosong. Selanjutnya, oleskan ke area leher yang kusam. Biarkan selama 23 menit. Kemudian, bilas leher kamu dengan air hangat dan lakukan secara rutin dua kali sehari. Hasilnya akan keliatan dalam 1 sampai 2 hari saja, lho.

Baca Juga: Rekomendasi Scrub Wajah terbaik

3. Menggunakan Timun

Cucumber (Pixebay)

Mentimun yang biasa digunakan sebagai sayuran ternyata memiliki khasiat khusus untuk kesehatan kulit. Kulit leher yang gelap sebenarnya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Dengan menggunakan mentimun sebagai perawatan leher, ia dapat secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

Caranya juga sangat sederhana, yaitu kamu hanya perlu mengambil mentimun berukuran kecil lalu memasukkannya ke dalam blender, dan membaurkannya secara merata pada permukaan dari kulit leher. Biarkan kering selama 20 menit. Selanjutnya bilas leher kamu dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

4. Lemon dan Madu

Ilustrasi Lemon dan Madu (Pixebay)

Kombinasi lemon dan madu bagus untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena keduanya merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit secara instan. Kandungan aktif dalam lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit. Sedangkan madu sangat membantu dalam melembapkan dan melembutkan kulit. Cara penggunaan, kamu cukup tuangkan 2 sendok makan madu dan air jeruk lemon ke dalam toples. Selanjutnya, oleskan masker lemon dan madu pada kulit leher. Celupkan handuk ke dalam air hangat dan oleskaskan ke kulit leher kamu selama 15 sampai 20 menit. Kamu bisa menggunakan madu dan lemon sebagai masker sambil bersantai agar terasa lebih nyaman.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik dan Murah

5. Susu

Ilustrasi Susu (Pexels)

Susu diketahui dapat mencerahkan area kulit yang tampak kusam, termasuk area leher. Manfaat ini berasal dari komposisi asam laktat yang dikandungnya. Metodenya cukup sederhana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencelupkan kapas ke dalam susu dan mengoleskannya secara merata ke area leher yang tampak gelap. Biarkan hingga 30 menit dan bilas. Selain efek mencerahkan kulit, cara ini juga dikenal paling efektif untuk melembapkan kulit.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

6. Melakukan Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi (Pexels)

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri merupakan pengelupasan sel kulit mati. Biasanya hal ini dilakukan menggunakan scrub. Ada beberapa produk scrub yang bisa kamu pilih. Namun, kamu juga bisa menggunakan eksfoliator alami, seperti bubuk kopi yang dicampur dengan minyak kelapa dan air hangat. Metodenya sendiri sangat sederhana. Kamu cukup mengaplikasikannya pada area leher. Namun ingat, jangan berlebihan dalam penggunaannya. Hal itu karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Baca Juga : Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berjerawat

7. Soda Kue

Soda Kue (Pixebay)

Bahan makanan yang satu ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan leher belakang yang hitam. Soda kue dapat membantu menghilangkan lapisan kulit mati. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur air dan 2 sampai 3 sendok makan soda kue untuk membuat masker yang halus. Oleskan campuran masker tersebut pada area leher dan diamkan hingga kering. Kemudian, gosok dengan jari dan bilas dengan air bersih. Ulangi metode ini setiap hari selama sekitar 1 minggu untuk melihat efek yang optimal.

Baca Juga : Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berminyak

8. Kunyit

Ilustrasi Kunyit (Pixebay)

Apakah kamu pernah mencoba memutihkan leher hitam dengan kunyit? Kunyit dianggap bisa memutihkan kulit serta memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kamu dapat mencampur 1 sampai 2 sendok makan yogurt tawar dan satu sendok teh kunyit kemudian diaduk. Oleskan masker kunyit pada permukaan leher yang telah dibersihkan dan biarkan mengering selama 15 menit. Kemudian bilas area leher dengan air hangat.

Baca Juga : 

9. Bersihkan Leher saat Mandi

Membersihkan Diri (Pexels)

Penyebab leher hitam yang paling umum adalah karena kita sering tidak membersihkannya dengan baik saat mandi. Oleh karena itu, cara memutihkan kulit leher yang paling sederhana adalah dengan membersihkan area leher saat mandi. Kamu harus membiasakan membersihkan area leher secara menyeluruh, terutama area tengkuk, agar kotoran yang menumpuk bisa hilang. Jika dilakukan secara rutin, hal ini bisa menghilangkan area gelap pada leher yang mengganggu penampilan.

Baca Juga : 

10. Kentang

Kentang (Pexels)

Siapa yang menyangka bahwa kentang bisa mengatasi masalah leher hitam? Kentang mengandung enzim catecholase dan vitamin C yang dapat mencerahkan dan melembabkan leher. Parut kentang atau masukkan ke dalam blender sampai halus. Lalu, campurkan dengan minyak zaitun atau madu. Kemudian, kamu bisa mengoleskannya langsung ke leher. Jika sudah kering, bilas leher dengan air sampai bersih.

Gunakan masker alami ini setidaknya dua kali sehari. Hasilnya mungkin tidak langsung terlihat. Namun, jika dilakukan secara rutin, dalam beberapa minggu kulit gelap di leher akan hilang. Kamu juga bisa mendapatkan kulit leher yang lembut dengan masker kentang ini.

Baca Juga : 

Nah, itulah informasi mengenai cara memutihkan leher belakang yang telah Vocasia rangkum untuk kamu. Terapkan secara rutin agar leher cepat putih dan sehat. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *