Tanggal:21 May 2024

5 Cara Mudah Melatih Aksen British

Bahasa Inggris dibawa ke Amerika Serikat pada abad ke-16 dan ke-17 oleh Inggris yang tiba di Amerika Serikat melalui laut, dan tidak ada sistem ejaan standar pada saat itu. Cara penulisan semua kata dalam bahasa Inggris baru ditentukan setelah kompilasi leksikon pertama. Di Inggris, kamus disusun oleh ahli bahasa di London, sedangkan di Amerika Serikat, penyusun kamus itu bernama Noah Webster.

Noah Webster diduga mengubah ejaan untuk membedakan antara ejaan Amerika dan Inggris karena dia ingin menunjukkan bahwa Amerika Serikat memiliki budaya yang terpisah darinya sendiri. Dalam hal pengucapan, perbedaan Anglo-Amerika dan Anglo-Inggris mulai berkembang setelah gelombang pertama imigran tiba di Amerika Serikat. Mereka berbicara dengan aksen yang disebut “rotik” yang dengan jelas mengucapkan suara “r”.

Baca Juga :

Pada saat yang sama, eselon atas Inggris sebenarnya telah melunakkan pengucapan ‘r’ karena mereka ingin membedakan cara mereka berbicara dari cara orang biasa berbicara. Nah, Sobat Vocasia ingin dengan mudah melatih aksen British? Yuk, simak rangkuman Vocasia di bawah ini.

Cara Mudah Melatih Aksen British

1. Menonton Film

Sobat Vocasia sudah tahu belum, sih, kalau menonton sebuah film itu dapat meningkatkan skill berbahasamu? Menonton film sama dengan merekam dengan otak kita apa yang dilakukan dan apa yang dikatakan tokoh film tersebut. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menonton film dengan bahasa yang sedang ingin kamu pelajari.

Trik ini adalah cara termudah dan paling menyenangkan dalam belajar bahasa. Kita semua tahu bahwa menonton film adalah kegiatan yang disukai hampir seluruh manusia di dunia. Tanpa kita sadari, saat kita menyukai sebuah film beserta alur dan tokohnya, kita juga akan menyukai bagaimana para tokoh film berbicara menggunakan bahasa serta aksen mereka walau bahasa mereka tidak sama dengan bahasa kita.

Aksen British bisa kamu dapatkan dalam film Harry Potter, The Chronicles of Narnia, Mary Poppins, dll. Dengan belajar aksen British melalui film, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat, yaitu: mendapatkan audio pembelajaran, mendapatkan ekspresi saat berbicara dengan British, dan mengerti serta paham bagaimana membiasakan aksen British dalam kehidupan kamu. Banyak kan, manfaatnya?

Baca Juga :

2. Mendengarkan Podcast

Di zaman yang modern ini semua orang berlomba-lomba membuat podcast yang mengedukasi serta menarik minat. Salah satu dari cara melatih aksen British kamu adalah dengan mendengarkan podcast yang menggunakan bahasa Inggris British. Dengan sering mendengarkan native speaker berbicara dengan menggunakan aksen British, kamu akan semakin lancar dalam mempraktikkan aksen tersebut.

Baca Juga :

3. Perhatikan Role Model

Apakah Sobat Vocasia memiliki role model? Seperti seorang artis, aktor, atau bahkan penyanyi. Seorang role model dapat membantu kamu dalam memperlancar aksen British-mu, lho!

Jika kamu suka memperhatikan seorang aktor yang sedang berbicara, otomatis kamu akan menyukai cara berbicaranya dan akan mengikuti bagaimana aktor tersebut berbicara. Hal ini terbukti ampuh karena hal itu adalah wajar bahwa menyukai seseorang akan membuat kamu juga menyukai apa yang ia lakukan. Sobat Vocasia bisa melatih aksen British kalian dengan sering-sering memperhatikan role model kalian saat berbicara, ya!

Baca Juga : 

4. Cari Lawan Bicara

Kamu juga bisa cari lawan bicara untuk melatih aksen British, misalnya teman yang lebih jago atau guru Bahasa Inggris. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk mencari teman dari berbagai negara untuk diajak berteman.

Tak jarang banyak juga orang yang bilang “Jika kamu ingin lancar berbahasa asing, jalinlah hubungan khusus dengan native speaker dari bahasa tersebut.” Dengan sering berbicara secara langsung dengan orang yang dapat berbahasa Inggris British dengan lancar, kamu dapat melatih kemampuan aksen British dengan mudah. Lawan bicara adalah kunci utamanya.

Baca Juga : 

5. Ucapkan dengan Lantang

Sobat Vocasia bacalah tulisan berbahasa Inggris dengan lantang minimal 15-20 menit. Menurut hasil penelitian, dibutuhkan praktik selama tiga bulan guna mengembangkan otot mulut yang kuat untuk bicara bahasa baru. Hal ini membutuhkan waktu yang agak lama dari cara-cara lain, namun cara ini juga dapat membantu kemampuan aksen British kamu secara bertahap.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *