Tanggal:15 May 2024
Apa itu inbound marketing?

Inbound: Pengertian, metodologi, dan perbedaannya dengan outbond marketing

Apa Itu Inbound Marketing

Inbound marketing adalah strategi yang didasarkan pada menarik pelanggan potensial melalui pembuatan konten yang menarik dan relevan yang membahas minat dan kebutuhan prospek. Pendekatan ini mengandaikan penggunaan teknik eksklusif yang tidak mengganggu untuk menarik klien baru dan bantuan penuh prospek dari tahap penemuan merek hingga loyalitas merek. Inbound dianggap sebagai jenis pemasaran pasif, di mana kontak pertama terjadi secara eksternal dari klien ke perusahaan.

Baca Juga | Apa Itu Integrated Marketing Communication

Inbound marketing adalah strategi yang mengandaikan kontak langsung dan langsung dengan prospek melalui penyaluran pesan ke luar. Ini adalah metode aktif untuk menarik klien potensial, di mana wiraniaga membuat kontak pertama dengan pelanggan potensial yang sesuai dengan profil pelanggan ideal perusahaan melalui saluran seperti panggilan dingin, email dingin, iklan berbayar, halaman arahan bertarget, dll. Fitur utama pemasaran keluar adalah bahwa agar berhasil, kampanye harus diteliti dengan baik dan sangat dipersonalisasi.

Baca Juga | Apa Sih Jobdesk Social Media Marketing? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Metodologi Inbound Marketing

Untuk mempermudah pemahaman tentang inbound marketing, mari lihat alur metodologinya:

1. Attract

(sumber:rawpixel.com)

(sumber:rawpixel.com)

Baca Juga | Tips-Tips Untuk Akun LinkedIn Kamu Jadi Menarik!

Tahap pertama, kontak awal adalah kesan pertama yang dimiliki halaman web Anda pada pengunjung yang masuk. Namun, ini bukan sembarang pengunjung, mereka adalah jenis pengunjung yang tepat yang ingin Anda tarik. Ini adalah pengunjung yang ditujukan untuk situs web, karena mereka adalah pelanggan yang paling berpotensi untuk menjadi kesepakatan tertutup.

Baca Juga | 6 Cara Pola Asuh Ala Orang Tua Jepang yang Bisa Jadi Panutan!

Tujuan dari fase ini adalah menjadikan pengunjung baru tersebut menjadi pengunjung tetap yang dapat mulai berinteraksi dengan perusahaan dan komunitas, sekaligus menemukan informasi yang tepat yang mereka cari. Ingatlah untuk berpikir seperti prospek dan membangun mentalitas itu untuk benar-benar memahami apa cara terbaik untuk menarik calon prospek.

Baca Juga | Tips Kerja Sambil Liburan dengan Mudah

Beberapa metode untuk menerapkan fase atraksi adalah memiliki konten yang bermanfaat dan unik yang akan disukai pengunjung. Ini dapat mencakup konten blog/artikel, media sosial, atau video. Jenis konten ini memberi pengunjung informasi yang berguna, mengarahkan mereka untuk membangun kepercayaan pada Anda dan bisnis Anda. Selain membuat konten yang bermanfaat, pemasar juga dapat memanfaatkan optimasi mesin pencari. Dengan menggunakan kata kunci dan tag meta, algoritme mesin pencari dapat memberi peringkat halaman lebih tinggi dalam permintaan pencarian tertentu, sehingga halaman web adalah hasil teratas dan memiliki eksposur yang lebih tinggi.

2. Convert

(sumber: rawpixel.com)

(sumber: rawpixel.com)

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Endorse Beserta Kelebihannya

Selanjutnya, tahap kedua dari metodologi Inbound adalah di mana perusahaan berfokus untuk mengubah prospek menjadi prospek. Dengan prospek potensial baru, tugas penting berikutnya adalah mengubah prospek tersebut menjadi prospek. Ini adalah bagian penting berikutnya dari metodologi Inbound. Mengumpulkan informasi prospek potensial adalah kunci untuk memulai interaksi, membantu menjaga prospek tetap terlibat, dan menghasilkan konversi yang sukses.

Baca Juga | 7 Perusahaan Gaji Tertinggi di Indonesia

Metode yang digunakan untuk konversi adalah metode yang dapat membuat hubungan antara perusahaan dan prospek, dengan memberikan tradeoff yang bermanfaat bagi prospek, apakah itu ebook gratis dengan imbalan email atau nomor telepon mereka atau uji coba gratis untuk tradeoff untuk informasi mereka. Penting untuk menyediakan konten yang berharga sehingga prospek bersedia memberikan informasi pribadi mereka. Sebagian besar Ajakan bertindak adalah cara umum untuk secara efektif mendapatkan apa yang Anda inginkan sebagai bisnis, seperti formulir laman landas. Penting juga untuk dicatat bahwa setelah calon prospek setuju untuk bertukar informasi mereka, tindak lanjut hanya dapat menguntungkan Anda sebagai pemasar. Pemasaran email yang efektif dapat menjadi hidup atau mati dari lead itu.

3. Close

(sumber: poweredbysearch.com)

(sumber: poweredbysearch.com)

Tahap ketiga, mengubah lead menjadi penjualan. Tahap ini menentukan apakah calon pelanggan cocok sebagai calon yang cocok saat perusahaan terus berinteraksi. Perusahaan harus sepenuhnya memahami apa yang dibutuhkan pembeli dan mencari tahu bagaimana perusahaan dapat memberikan solusi untuk masalah mereka.

Baca Juga | Cara Membuat Desain ID Card Di Photoshop

Ingat, bahwa salah satu poin utama dari metodologi Inbound adalah menciptakan hubungan yang unik dengan pelanggan dan memastikan mereka memiliki pengalaman yang memuaskan dengan Anda. Cara lain untuk menentukan seberapa mudah atau seberapa besar potensi prospek adalah dengan penilaian prospek. Metode ini membantu memberi peringkat pada prospek potensial berdasarkan beberapa variabel.

4. Delight

Tahap terahir dari metodologi Inbound, Delight. Tahap terakhir membawa beban berat dalam metodologi Inbound dan terkadang dapat dengan mudah diabaikan. Meskipun penjualan mungkin telah selesai, bagian terpenting dari Inbound adalah memastikan mereka menikmati waktu mereka bekerja dengan Anda dan perusahaan Anda.

Baca Juga | 10 Cara Bisnis Jajanan Ringan, Dijamin Langsung Banyak Pembeli!

Apa Perbedaan Antara Inbound Marketing dan Outbound Marketing?

Baca Juga | Yuk Simak Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya!

Inbound dan outbound marketing menggunakan alat dan teknik yang berbeda dalam strategi masing-masing. Jadi, selain pendekatan mereka, apa perbedaan antara pemasaran inbound dan outbound?

Perbedaan antara pemasaran inbound dan outbound terletak pada preferensi. Pemasaran masuk sedang meningkat, sementara keluar terus tidak disukai banyak pemasar. Konsumen bosan dengan iklan yang mengganggu yang tidak relevan dengan mereka atau kebutuhan mereka. Namun, ini tidak berarti teknik pemasaran keluar tidak memiliki nilai dalam strategi pemasaran penuh. Pada akhirnya, pemasaran inbound dan outbound dapat memiliki tujuan dalam strategi pemasaran Anda. Pemasaran inbound vs outbound bukanlah pertempuran tentang satu-satunya metode yang harus dipilih, dan lebih banyak tentang metode mana yang harus Anda habiskan lebih banyak dari upaya dan waktu Anda. Lihatlah target audiens Anda dan Anda analisis dan putuskan teknik mana yang paling cocok untuk Anda.

Baca Juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan,Strategi dan Contoh

Yuk mulai terapkan Inbound Marketing untuk memperluas pasar dan mengembangkan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *