Tanggal:05 May 2024
Cara mengatasi bibir hitam

11 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Hitam, Cobain yuk!

Gimana sih cara mengatasi bibir hitam? Memiliki warna bibir yang cerah alami adalah impian banyak orang. Namun, kenyataannya tak semua orang memilikinya. Warna bibir yang hitam dan kusam sering membuat beberapa orang tak percaya diri. 

Sekarang sobat Vocasia tak perlu khawatir lagi. Dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi bibir hitam. Tetapi sebelumnya, cari tahu dulu penyebab bibir hitam, yuk!

Baca juga | 9 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Kering

Penyebab Bibir Hitam

Cara mengatasi bibir hitam

Ilustrasi bibir hitam (shutterstock)

Biasanya, kondisi bibir yang berwarna hitam disebabkan oleh hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana melanosit memproduksi melanin yang terlalu berlebih. Sehingga kondisi tersebut akan menyebabkan suatu area kulit menjadi lebih gelap dibanding area lainnya.

Tetapi, penyebab bibir hitam tidak hanya dari faktor itu saja, lho. Banyak faktor-faktor lainnya yang bisa mempengaruhi hitamnya warna bibir, di antaranya seperti:

  • Faktor keturunan
  • Zat kimia ataupun obat-obatan
  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Kekurangan vitamin
  • Alergi terhadap suatu produk
  • Kehamilan
  • Penggunaan produk kosmetik yang kedaluwarsa
  • Gaya hidup dan kebiasaan

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Ilustrasi bibir sehat dan cerah merona (pexels)

Setelah tahu apa saja penyebab bibir hitam, kini saatnya kita akan membahas tentang cara mengatasinya. Simak, ya!

1. Eksfoliasi

Tidak hanya wajah saja yang perlu dieksfoliasi, ternyata bibir juga perlu! Apalagi untuk kamu yang mengalami masalah bibir hitam. Mengeksfoliasi bibir sangat dianjurkan. Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang ada di bibir kamu akan ikut terangkat. Sehingga, warna bibir akan cerah kembali.

Baca juga | Apa itu Eksfoliasi Wajah dan Bagaimana Cara Melakukannya?

2. Minum air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan bibir tampak lebih gelap. Maka dari itu, kamu harus sering minum air putih, ya. Sebaiknya, minum 8 gelas atau 2 liter air per hari untuk mencukupi asupan cairan tubuh kamu.

Baca Juga : 7 Merek Skincare Berkualitas dan Tidak Murahan

3. Memakai lipbalm

Selain untuk melembapkan, lipbalm juga  bisa mencerahkan bibir. Pemakaian lipbalm yang teratur akan melindungi kamu dari kondisi bibir hitam dan kusam. Disarankan untuk memakai lipbalm yang mengandung SPF supaya perlindungan bibirmu semakin maksimal.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam

4. Pasta gigi

Pasta gigi tidak hanya digunakan untuk menggosok gigi saja, lho. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi masalah bibir hitam. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke area bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan pasta gigi herbal, ya.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami

5. Madu

Kandungan glukosa dan fruktosa yang dimiliki madu  dapat merangsang lapisan epidermis memproduksi kolagen. Kamu bisa memanfaatkan madu untuk mengatasi bibir hitam. Caranya dengan mengoleskan madu ke bibir. Diamkan beberapa waktu kemudian bilas menggunakan air. Jika dilakukan secara rutin, bibir kamu akan kembali merona dan tampak lebih segar.

Baca juga | Yuk, Ketahui Manfaat Madu untuk Wajah!

6. Gula

Gula memiliki tekstur yang kasar. Kamu bisa menggunakan gula untuk scrub bibir. Caranya adalah campurkan gula dengan madu atau jus stroberi. Aduk rata lalu oleskan pada bibir. Kemudian scrub bibir secara lembut dan bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Skin Barrier

7. Es batu

Tidak hanya untuk dikonsumsi, es batu ternyata mampu mengatasi masalah bibir hitam. Es batu dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah pun akan menjadi lebih besar dan membuat bibir tampak merah. Kamu bisa menggosokkan es batu di area bibir dengan durasi waktu selama 15 menit setiap harinya.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

8. Lidah buaya

Kita semua tahu, tanaman lidah buaya sangat kaya akan manfaat. Lidah buaya juga dapat mengatasi bibir hitam. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area bibir. Diamkan selama beberapa waktu lalu bilas menggunakan air hangat, ya.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

9. Susu

Susu adalah minuman yang menyehatkan. Ternyata, susu juga bisa membantu kamu menghilangkan warna hitam pada bibir. Asam laktat yang dikandung susu dapat menghilangkan noda hitam dan kusam pada bibir sehingga bibir tampak lebih cerah. Caranya, cukup oleskan susu murni ke area bibir. Kemudian diamkan sekitar 10-15 menit dan bilas menggunakan air.

Baca Juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

10. Lemon

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah-buahan sitrus seperti lemon bisa menghambat melanin. Sehingga, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatasi bibir hitam. Caranya cukup sederhana. Kamu bisa mengoleskan potongan lemon pada area bibir. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok

11. Stroberi

Buah stroberi selain enak, ternyata kaya manfaat juga, lho. Kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan warna hitam pada bibir. Kandungan mineral dan vitamin dalam stroberi bisa menutrisi bibir. Caranya adalah campurkan stroberi dengan madu lalu oleskan pada area bibir. Diamkan sejenak dan jangan lupa membilasnya dengan air. Selain menghilangkan warna hitam pada bibir, stroberi juga akan mengurangi kondisi bibir pecah-pecah.

Itu dia beberapa cara mengatasi bibir hitam. Kamu bisa mempraktikkannya dengan mudah di rumah. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan warna bibir yang sehat dan cerah merona. Tampil percaya diri dan katakan selamat tinggal pada bibir hitam.

Baca Juga : 10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *