Tanggal:13 May 2024

5 Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK

Hallo, para pelajar sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Apa kabar?

Sebelum lulus Kalian pasti pernah berfikiran ketika sudah lulus nanti mau bekerja dimana dan bagian apa kan? Penjelasan dibawah ini akan memberitahukan informasi seputar pekerjaan yang cocok untuk Kalian semua khususnya lulusan SMK.

Apa saja ya pekerjaan yang cocok untuk pelajar lulusan SMK?

1. Menjadi Pegawai Swasta

Menjadi pegawai swasta adalah salah satu pekerjaan yang mungin cocok untuk lulusan SMA. Memang tidak seperti pegawai negeri tetapi banyak kelebihan dan keuntungan yang dapat diraih jika menjadi seorang pegawai swasta.

Untuk gajinya terbilang besar, pada umumnya jika dibandingkan dengan pegawai negeri yang gajinya sudah ditentukan oleh instansi pemerintahan nah jika menjadi pegawai swasta justru Kalian bisa negosiasi perihal gaji yang dinginkan.

Menjadi pegawai swasta juga mudah untuk mengembangkan diri kebijakan perusahaan dalam mengumpulkan keuntungan yang sebesar-besarnya ini maka akan memberikan kebebasan kepada pegawainya untuk berkarya dan meningkatkan skill atau kemampuannya untuk mencapai suatu target.

2. Usaha Milik Sendiri

Memiliki usaha sendiri tentu juga menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk pelajar lulusan SMA maupun SMK. Meskipun harus memulai dari nol tapi setidaknya Kalian dapat belajar menjadi seorang entrepreneur.

Khusus lulusan SMK mungkin bisa membuka usaha yang sesuai dengan kejuruan kala disekolah. Misal, waktu disekolah Kalian mengambil jurusan teknik mesin mungkin Kalian dapat membuka usaha yang berkaitan dengan mesin.

3. Freelance

Kerja sebagai freelance merupakan salah satu opsi yang dapat lulusan SMK pilih untuk menghasilkan uang.

Pekerjaan freelance sama sekali tidak terikat oleh suatu badan usaha atau perusahaan, hanya terikat kontrak antara klien dan freelancer. Ketika kontrak telah berakhir maka sudah tidak ada lagi ikatan diantara keduanya.

4. PNS

Bisa berhasil masuk menjadi PNS adalah salah satu cita-cita banyak orang.

Karena menjadi PNS banyak tunjangan yang diberikan, Ketika sudah pensiun pun Kalian masih akan mendapatkan gaji pokok.

5. Kerja di PT

Kebanyakan lulusan SMK sangat berminat bekerja di PT. Dilihat dari gajinya pun sudah menggiurkan meskipun beban pekerjaan nya juga sangat berat dan resiko kerja di PT juga sangat tinggi.

Bekerja di PT juga salah satu opsi bagi Kalian lulusan SMK.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *