Tanggal:11 May 2024

8 Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Wajah

Saat ini, menjaga kesehatan kulit menjadi salah satu hal terpenting bagi setiap insan tak peduli laki-laki atau perempuan. Oleh karenanya, berbagai produsen skincare berlomba-lomba untuk menggunakan bahan terbaik agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi konsumen. Satu di antara banyak bahan aktif yang seringkali digunakan di dalam skincare adalah hyaluronic acid. Kandungan yang ada di dalam hyaluronic acid merupakan salah satu primadona dalam melembapkan kulit.

Lantas, apa saja manfaat hyaluronic acid bagi wajah dan seberapa pentingnya ia bagi kesehatan wajah? Yuk simak bersama dalam artikel berikut ini.

Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Menggunakan Skincare

Apa itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid adalah salah satu molekul alami yang sebenarnya dapat ditemukan pada kulit, jaringan ikat, mata, dan persendian. Bahan ini nantinya mampu memberikan struktur pada kulit, memperbaiki jaringan, serta melumasi sendi. Fungsi utama hyaluronic acid atau asam hialuronat untuk kulit adalah melembabkan dan mempertahankan kadar airnya. Hyaluronic acid juga dapat menarik air dari dalam dermis dan memindahkannya ke permukaan kulit, yaitu epidermis.

Apa Sih Hyaluronic Acid Itu? (sumber: pexels.com)

Seiring bertambahnya usia, kadar asam hialuronat di kulit secara alami menurun. Kulit tidak lagi memproduksi bahan-bahan ini seefektif dulu. Akibatnya, kulit cenderung mengering seiring bertambahnya usia. Jumlah asam hialuronat di kulit biasanya mulai menurun setelah usia 40 tahun. Selain itu, hyaluronic acid umumnya cocok untuk semua jenis kulit dan tidak berbahaya. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, menggunakan produk dengan hyaluronic acid bisa sangat membantu. Namun demikian, penggunaan hyaluronic acid bisa berbahaya untuk kamu yang memiliki rosacea atau eksim. Sebelum memakainya, kamu bisa mengonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Baca Juga : Urutan Basic Skincare untuk Remaja, Wajib Diikuti!

Ragam Manfaat Hyaluronic Acid

Berdasarkan uraian di atas, kamu pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa hyaluronic acid memiliki peran yang begitu besar dalam menjaga kelembapan kulit. Namun, ternyata manfaat hyaluronic acid bukan hanya itu loh! Terdapat sederet keunggulan lain yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kulit, khususnya wajah. Berikut adalah ragam manfaat hyaluronic acid untuk wajah.

Manfaat Hyaluronic Acid (sumber: pexels.com)

1. Menghidrasi dan Melembapkan Kulit

Kerutan dan lipatan akan muncul seiring bertambahnya usia karena kadar asam hialuronat alami dalam tubuh menurun. Oleh karena itu, kamu harus mengandalkan produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat untuk mengembalikan atau mempertahankan kelembapan pada kulit kamu. Apalagi manfaat asam hialuronat untuk wajah sangat beragam seperti menjaga kulit wajah tetap lembut, kenyal, halus dan selalu lembab. Untuk hasil yang lebih memuaskan, produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat harus sering digunakan di pagi dan malam hari.

Baca juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Benar

2. Menstimulasi Regenerasi Kulit

Apakah kamu tahu? Ternyata, asam hialuronat juga dapat meningkatkan pembaruan sel kulit wajah dan aman digunakan dalam kombinasi dengan produk perawatan kulit lainnya. Oleh karena itu, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat adalah langkah terbaik untuk menjaga kecantikan kulit wajah kamu. Hebatnya lagi, kandungan asam hialuronat mengubah sel kulit mati menjadi sel kulit baru, sehingga dapat mempercepat proses penggantian dan penyembuhan luka.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Mencerahkan Wajah

3. Mencerahkan Wajah dan Menyamarkan Noda

Jika kamu sedang struggling dengan bekas jerawat dan komedo membandel, perawatan kulit dengan hyaluronic acid adalah solusinya! Produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat dapat mengatasi permasalahan tersebut. Asam hialuronat umumnya ditemukan dalam sheet mask dan serum. Karena itu, tak jarang orang yang menggunakan sheet mask atau serum lantaran keduanya efektif menyembunyikan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Dengan pemakaian rutin pagi dan malam, bahan-bahan tersebut akan membuat kulit wajah kamu tampak lebih segar, bersih, dan lebih bercahaya.

Oleh karena itu, perawatan kulit dengan kandungan hyaluronic acid selalu menjadi salah satu rekomendasi perawatan kulit bagi pemilik wajah kusam. Terlebih lagi kandungan hyaluronic acid cocok untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, normal, sensitif hingga kombinasi.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak dan Kusam

4. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat spesifik asam hialuronat untuk wajah adalah merangsang produksi kolagen. Kemampuan ini membuat kulit di wajah kamu menjadi lebih kencang dan halus. Dengan mempertahankan kelembaban di jaringan kulit, asam hialuronat membantu mengisi ruang di antara sel-sel yang yang kosong karena kekurangan kolagen.

Baca Juga : 10 Manfaat & Cara Uap Wajah yang Mudah dan Benar

5. Mengurangi Tampilan Kerutan

Manfaat Hyaluronic Acid Mengurangi Kerutan (sumber: pexels.com)

Memakai skincare asam hyaluronic bisa membantu mencegah timbulnya garis halus di wajah sehingga memperlambat penuaan. Menurut Journal of Evidence-Based Integrative Medicine, mengonsumsi hyaluronic acid lewat mulut terbukti dapat mengurangi tampilan kerutan dan memperbaiki kekenyalan kulit secara keseluruhan. Selain itu, tidak ada laporan mengenai efek samping yang berarti dalam penelitian tersebut.

Baca juga: Urutan Basic Skincare Untuk Wajah, Wajib Diikuti!

6. Membuat Kulit Lebih Sehat

Selain karena penuaan, paparan sinar UV yang berasal dari matahari dan polusi udara juga bisa membuat kadar hyaluronic acid pada kulit berkurang. Jika kamu merupakan orang yang sering beraktivitas di luar ruangan atau sering terpapar udara perkotaan yang penuh polusi, mengonsumsi suplemen atau menggunakan produk berbahan hyaluronic acid akan membuat kesehatan kulit dapat lebih terjaga.

Baca Juga : 5 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah

7. Cepat Menyerap

Tidak seperti beberapa produk perawatan kulit lain, hyaluronic acid bisa cepat menyerap ke dalam kulit. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu ketika menggunakan makeup dan produk lainnya.

8. Mengurangi Kulit Kasar

Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, manfaat hyaluronic acid diteliti bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kulit kasar hanya dalam 2-8 minggu pemakaian. Hal ini tentunya dapat membantumu mengencangkan kulit wajah serta membuat kulit wajah kamu lebih lembut.

Itulah dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh hyaluronic acid, salah satu kandungan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan wajah sekaligus mempertahankan kecantikan. Dalam mempercantik diri, selain menjaga kulit dengan skincare yang tepat ada kalanya kita juga perlu belajar menggunakan riasan. Untuk kamu yang masih awam dan belum terlalu memahami bagaimana cara merias wajah baik untuk daily activity maupun acara tertentu, kamu bisa mengunjungi kursus berikut dimana akan ada mentor yang membantumu mengupas tuntas teknik dasar merias wajah loh! Yuk ikuti sekarang!

Baca Juga : Yuk, Kenali Jenis-jenis Masker Wajah beserta Manfaatnya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *