Tanggal:22 July 2024

10 Tips Cara Ampuh Mempromosikan Video Youtube

Ilustrasi promosi video di youtube (rawpixel.com)

Saat ini youtube sudah menjadi portal video raksasa, bahkan berada di peringkat ketiga. Karena kepopulerannya ini, ada jutaan orang yang menggunakan youtube untuk mengupload dan share video yang mereka buat, baik video musik, tutorial, pengalaman, lucu-lucuan dan sebagainya. Mungkin anda sering melihat nama-nama orang yang memulai peruntungan mereka melalui youtube. Namun sebenarnya untuk menjadi terkenal dan menghasilkan uang dari youtube tentu saja akun youtube anda harus disukai dan banyak penontonnya.

Lalu, apa saja cara promosi video Youtube? Simak beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mempromosikan video youtube, mulai dari membagikan video di media sosial, membuat blog, sampai melakukan kampanye melalui iklan.

Baca Juga | 5 Cara Agar Video TikTok Kamu FYP

Tips promosi video youtube (rawpixel.com)
Tips promosi video youtube (rawpixel.com)

1. Menggunakan keyword yang bervariasi

Pastikan bahwa video yang anda buat menggunakan keyword yang paling banyak dicari. Karena Google akan memprioritaskan video daripada bentuk konten lainnnya untuk penelusuran. Anda bisa mencari keyword yang ramah dengan tool seperti Google Ads Keyword Planner, lalu cari topik videomu di Google, dan terakhir lihat keyword di SERP tentukan apakah hasil peringkat teratas berbentuk video atau konten lainnya.

Baca Juga | Jenis Ilkan Berdasarkan Medianya

2. Gunakan judul yang menarik

Buatlah judul yang menarik karena saat memilih konten, penonton di YouTube mengutamakan presentasi yang disajikan pada thumbnail dan judul. Bila terlihat membosankan kemungkinan besar videomu tidak akan memiliki jumlah audiens yang banyak. jika ingin menciptakan judul video yang apik, kamu harus bisa renggut perhatian audiens tanpa rancangan kalimat yang bersifat clickbait. Video mereka sering kali mengandalkan listicles, judul berbasis pertanyaan, atau penggunaan hiperbola seperti “tergila” atau “sepanjang masa” untuk meningkatkan angka penayangan.

Baca Juga | Cara Download Video Instagram Dengan Mudah

3. Gunakan alat promosi di youtube

Anda bisa menggunakan alat gratis yang telah disediakan oleh youtube untuk melakukan promosi di dalam video. Seperti berikut:

  • Watermark– Anda dapat menampilkan logo channel Anda di pojok kanan bawah video. Jika penonton mengkliknya, mereka akan langsung berlangganan ke channel Anda.
  • Cards – Fitur ini akan menampilkan tombol bergambar tanda seru di pojok kanan atas video Anda. Jika penonton mengklik tombol tersebut, akan ada beberapa rekomendasi video dari channel Anda.
  • End screens – Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan video-video lain di channel Anda beserta dengan tombol subscribe. Layar ini akan muncul di lima 5 sampai 20 detik terakhir video.

Baca Juga | 8 Macam Platform Digital Marketing

4. Buatlah thumbnail yang menarik

Thumbnail adalah gambar cover/tampilan mini dari video yang ada di Youtube.  Gambar ini merupakan hal pertama yang dilihat penonton ketika melihat sebuah video pada Youtube. ada saat anda mengunggah video, YouTube bisanya mengambil beberapa tangkapan layar dari video mu untuk dijadikan gambar mini. Fungsi utama dari  thumbnail ini adalah menarik perhatian penonton. Untuk dapat membuat para pengunjung Youtube tertarik menonton video, maka anda perlu membuat tampilan thumbnail yang menarik.

Baca Juga | 5 Software Editing Video Yang Lagi Rame Di Social Media

5. Lakukan optimasi deskripsi pada video

Anda perlu mengoptimalkan semua aspek yang ada di Youtube. Salah satunya yaitu penulisan deskripsi pada konten video. Seperti  yang anda tahu, deskripsi pada video Youtube biasanya berfungsi sebagai ringkasan dari konten. Namun, dengan penulisan yang deskripsi yang benar, anda dapat membuat videomu mudah untuk ditemukan.

Baca Juga | Tips Agar LinkedIn Menarik

6. Optimalkan penggunaan media sosial

Media sosial memiliki jangkauan yang besar untuk melakukan sebuah promosi. Sebagai langkah awal, anda perlu menggunakan semua media sosial untuk mempromosikan konten-konten yang ada di channel Youtube. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. anda dapat membagikan cuplikan dari konten  sebagai penarik perhatian teman-teman atau orang-orang yang terhubung dengan.

Baca Juga | 8 Aplikasi Untuk Edit Video Di HP

7. Collabs dengan youtuber lain

Konsep kolaborasi YouTube itu sederhana. YouTuber A hanya perlu menghubungi YouTuber B, dan mereka memutuskan untuk membuat dua video terpisah secara bersama. Nantinya, satu video akan ditempatkan di channel YouTuber A dan satunya untuk channel YouTuber B. Strategi ini disebut juga sebagai cross promotion. cobalah untuk berkolaborasi dengan YouTuber dengan topik serupa yang sudah memiliki banyak subscribers.

Baca Juga | Kreator YouTube Indonesia yang Paling Hits

8. Gunakan fitur tag

Tag adalah sekumpulan kata yang menunjukkan konteks video. Tag dapat membantu Youtube dan Google untuk memahami konteks video Anda. Sehingga, video Anda bisa lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian pada topik tertentu sesuai dengan tag yang Anda pasang. jangan sampai berlebihan saat memasang tag. Hanya gunakan yang benar-benar relevan dengan video Anda.

Baca Juga | Cara Agar Resolusi Video Tiktokmu Berkualitas

9. Berinteraksi dengan penonton

Berinteraksi dengan penonton merupakan cara paling efektif untuk mempromosikan video di Youtube. Hal ini karena anda akan berhubungan secara langsung dengan penonton. Dengan membangun Interaksi yang baik, anda dapat mengubah penonton menjadi pengikut jangka panjang.

Baca Juga | 5 Jenis Konten Video Yang Dapat Menghasilkan Uang

10. Buatlah playlist video Anda

Jika Anda sudah memiliki beberapa video, mulailah untuk membuat playlist. Anda bisa membuat playlist yang hanya berisi video Anda atau mencampurnya dengan video lain yang relevan. Dengan membuat playlist video, Anda bisa meningkatkan jangkauan promosi video tersebut.

Ada banyak cara promosi video Youtube yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang tetapi memungkinkan juga untuk menggunakan iklan berbayar aagar lebih efektif dan jauh lebih baik. Dengan menggunakan fitur iklan berbayar, video Anda akan lebih sering ditampilkan oleh Youtube.

Baca Juga :

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *