Tanggal:14 May 2024

6 Tips Melakukan Marketing Online untuk Meningkatkan Bisnismu

Marketing online untuk bisnis kecil (pexels.com/canva studio)

Baca Juga | Yuk Ketahui Perbedaan Antara Internet Marketing dan Digital Marketing

Online marketing menjadi salah satu keahlian terpenting di era digital ini. Kini hampir semua bisnis dituntut untuk bisa menjangkau pelanggannya secara online. Platform online yang dari website, Search Engine Optimization (SEO), iklan Pay Per Click (PPC), email marketing, hingga media sosial. Kampanye marketing pun banyak yang dialihkan di dunia maya agar bisa memenangkan persaingan. Sistem marketing online juga lebih efektif daripada marketing konvensional. Sistem ini membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada marketing yang dilakukan secara offline.

Baca Juga | Apa Itu Marketing Plan? Simak Penjelasan dan Cara Membuatnya di Bawah Ini!

Marketing secara online ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan internet serta produk digital hingga media yang ada saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi dan bantuan internet sebagai media digital. Maka bisa menjalankan bisnis secara online dengan beberapa strategi marketing. Efektivitas marketing yang dilakukan juga dapat dievaluasi dengan mudah. Anda bisa mendapatkan data spesifik mengenai pengunjung konten Anda, dan membuat analisa apakah target marketing sudah sesuai dengan Anda.

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Strategi Marketing Online

Strategi untuk melakukan marketing online (pixabay.com/kreatikar)

Strategi untuk melakukan marketing online (pixabay.com/kreatikar)

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Online marketing membutuhkan strategi. Anda perlu menyusun strategi marketing online agar bisa memperoleh hasil yang efektif. Berikut strategi online yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda:

1. Membuat website khusus

Baca Juga | 6 Langkah Membuat Website Gratis dan Cepat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat website untuk menyediakan informasi lengkap tentang produk yang dipromosikan, di website ini. Website menjadi tempat menampung semua trafik yang Anda hasilkan dari semua kanal marketing, dari email sampai media sosial.Anda dapat bertransaksi sekaligus memantau traffic bulanan di semua platform yang Anda miliki. Keuntungan lain memiliki website khusus untuk produk yang Anda tawarkan adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda

2. Mempelajari SEO dan Mengoptimalisasi Konten

Baca Juga | 10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

Menggunakan teknik search engine optimization adalah salah satu langkah yang bisa lakukan untuk membuat produk Anda dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Membuat website adalah langkah pertama Anda untuk bisa mudah ditemukan di hasil pencarian. Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi website tersebut menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasil dari SEO.

Baca Juga | Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

3. Buat email marketing

Baca Juga | 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Mulailah dengan membuat akun gratis dengan Mailchimp misalnya, dan mulai mendistribusikan email tersebut.

Hindari promosi yang berlebihan dan selalu tawarkan sesuatu yang benar-benar berguna bagi penerimanya. Jaga agar email tetap teratur tetapi tidak pernah membombardir dan menjadi spam.

4. Membuat video marketing

Baca Juga | Panduan Cara Membuat Video Marketing Untuk Bisnis

Video juga salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk content marketing. Sebab video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di blog. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin bagus pula nilai di Google.

5. Lakukan sosial media marketing

Baca Juga | Apa Saja Manfaat Dari Social Media Marketing? Yuk simak!

Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.

6. Aktifkan google bisnisku

Baca Juga | Cara Memasarkan Produk di Google, Gampang dan Gratis!

Google merilis produk bagi para pemilik bisnis untuk memudahkan para pengguna Google menemukan produk yang mereka inginkan. Produk tersebut adalah Google Bisnisku. Di Google Bisnisku Anda bisa menampilkan informasi lengkap bisnis Anda, dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Baca Juga | Pengertian AIDA pada Marketing Beserta Contoh Penerapannya

Demikian penjelasan tentang marketing online yang menjadikan pebisnis memiliki kesempatan meraih sukses. Meskipun bisnis kecil pada awalnya yang dijalankan, maka selanjutnya bisnis tersebut bisa lebih meningkat dan berhasil meraih omset serta keuntungan. Dan marketing bisa optimal dilakukan oleh para pebisnis online dengan modal kecil bahkan gratis.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *