Tanggal:30 April 2024

9 Universitas Terbaik di Indonesia Saat ini

Universitas menjadi langkah lanjutan yang dapat diambil ketika telah menyelesaikan studi wajib selama 12 tahun. Oleh karena itu, pemilihannya harus dipertimbangkan secara matang.

Kursus online IELTS Vocasia

Saat telah menentukan jurusan beserta prospek kerjanya, kamu juga harus memperhatikan universitas yang akan dituju. Meski terlihat tidak terlalu penting, faktanya universitas menjadi tolok ukur penting di berbagai perusahaan besar.

Dalam menentukan universitas pilihan, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut seperti reputasi akademik, lulusan universitas, fasilitas kampus, dan penghargaan-penghargaan yang telah diraih para mahasiswanya. 

Jika tidak ingin repot, kamu dapat mempertimbangkannya berdasarkan ranking yang telah ditentukan oleh berbagai lembaga. Salah satu lembaga yang meneliti dan memeringkatkan universitas-universitas terbaik dunia adalah Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR). 

Pada awal tahun lalu, QS WUR telah merilis daftar universitas terbaik versinya. Tak hanya pada tingkat dunia, tingkat asia dan Indonesia juga turut tercantum di dalamnya. Data pemeringkatan tersebut didapatkan dari proses seleksi pada 1000 lebih kampus di seluruh dunia.

Lalu, apa saja universitas terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga QS World University Ranking? Data-data mengenai universitas terbaik di Indonesia dapat kamu lihat pada pemaparan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga:

Indikator Penilaian Ranking QS World University Ranking

Ilustrasi Kriteria Penilaian Universitas Terbaik (Source: kagama.co)

Hasil pemeringkatan data tentu penilaiannya didasarkan pada berbagai indikator. Indikator-indikator tersebut menjadi ciri khas lembaga dan paten digunakan pada pemeringkatan berikutnya. Berikut adalah beberapa indikator penilaian pemeringkatan universitas oleh lembaga QS WUR:

1. Reputasi Akademik

Reputasi akademik yang dimaksud adalah bagaimana pandangan para akademisi dan ahli mengenai kegiatan belajar mengajar dalam kampus. Indikator ini memiliki porsi yang cukup besar dalam pemeringkatan. Persentase pengambilan angka dari indikator reputasi akademik adalah sebanyak 40 persen dari 100 persen.

Baca Juga : 9 Cara Cerdas Agar Cepat Lulus Kuliah

2. Reputasi Pegawai dan Lulusan

Indikator penilaian selanjutnya adalah reputasi pegawai dan juga lulusan kampus. Reputasi ini dilihat dari bagaimana kinerja pegawai atau pengajar pada lingkungan kampus dan di luar kampus. Tak hanya itu, dominasi lulusan di dunia kerja juga termasuk dalam indikator tersebut. 

Berbeda dengan reputasi akademik, indikator ini memiliki porsi penilaian cukup minim. persentase pengambilan nilainya adalah satu per empat dari indikator pertama atau sebanyak 10 persen.

Baca Juga : 

3. Rasio Mahasiswa

Rasio mahasiswa menjadi indikator ketiga dari penilaian yang diambil oleh QS World University Ranking. Berbeda dari dua indikator sebelumnya yang berfokus pada value, indikator ini lebih menekankan penilaian terhadap kuantitas. 

Dalam data ini, lembaga mengambil hasil perbandingan antara jumlah pengajar dengan mahasiswa aktif. Sehingga, persentase penilaian yang diambil adalah sebanyak 20 persen.

Baca Juga : Prospek Kerja Untuk Jurusan Manajemen

4. Sitasi Perguruan Tinggi

Persentase indikator sitasi perguruan tinggi memiliki nilai sama dengan rasio mahasiswa, yaitu sebesar 20 persen. Penilaiannya didasarkan pada jumlah karya ilmiah berupa artikel atau jurnal yang berhasil dihasilkan. Tak hanya itu, kualitas dari dokumen tersebut juga turut dinilai.

Baca Juga :

5. Rasio Fakultas Internasional

Kemudian,  QS World University juga memeringkatkan universitas berdasarkan rasio fakultas internasional. Di mana, ia berfokus pada ada atau tidaknya program studi internasional yang dimiliki kampus. Namun, indikator ini tidak memiliki pengaruh besar karena persentase yang diambil hanya 5 persen dari jumlah total.

Baca Juga : 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

6. Rasio Mahasiswa Internasional

Seperti rasio fakultas internasional, indikator rasio mahasiswa internasional juga berpengaruh sebanyak 5 persen terhadap penilaian. Data yang dinilai adalah banyaknya mahasiswa internasional atau luar negeri yang berkuliah di kampus tersebut.

Baca juga:

Universitas Terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Ranking

universitas terbaik di indonesia

Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking

Berdasarkan beberapa indikator yang telah ditetapkan, QS WUR memperoleh hasil pemeringkatan universitas-universitas di Indonesia. Berikut adalah urutan univeristas terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings :

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menjadi universitas terbaik di urutan pertama versi WUR. Universitas yang berada di Yogyakarta ini juga masuk pada peringkat 254 di seluruh dunia.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah Untuk Pecinta Matematika

2. Universitas Indonesia (UI) 

Di urutan kedua ada Universitas Indonesia. UI yang berada di Depok ini memasuki peringkat 290 dunia.

Baca Juga : 5 Jurusan Dengan Gaji Terendah di Indonesia

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institus terbaik Bandung ini menjadi universitas peringkat 3 terbaik di Indonesia sekaligus peringkat 303 di seluruh dunia.

Baca Juga : 6 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Introvert

4. Universitas Airlangga (Unair)

Selanjutnya di urutan ke empat ada Universitas Airlangga. Universitas yang terletak di Surabaya ini juga bertengger pada peringkat 465 dunia.

Baca Juga : 5 Jurusan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor menjadi institut nomor dua setelah ITB, sekaligus peringkat ke lima di Indonesia. Tak hanya itu, IPB juga masuk dalam peringkat 511 dunia.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Punya Peluang Jadi PNS

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya)

Institut yang terletak di Surabaya ini bertengger di nomor enam urutan universitas terbaik di Indonesia. Di pemeringkatan dunia, ia juga menempati peringkat 751.

Baca Juga : 9 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Berbisnis

7. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Universitas favorit yang berada di Bandung ini sukses menempati urutan ke tujuh. Ia juga masuk dalam peringkat 801-1000 di seluruh dunia.

Baca Juga : Alasan 6 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

8. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Kampus swasta terbaik Jakarta yang berisi crazy rich tersebut menempati posisi ke delapan di Indonesia. Tak hanya itu, Binus juga masuk pada peringkat 1001-1200 dunia.

Baca Juga : 5 Jurusan Untuk Jadi CEO

9. Universitas Diponegoro (Undip)

Selain Unpad, Undip juga sering disebut sebagai universitas favorit lulusan-lulusan SMA. Universitas yang terletak di Semarang ini masuk pada peringkat 9 Indonesia dan peringkat 1001-1200 dunia.

Baca Juga : 10 Universitas Yang Menerima Lulusan SMK

Penutup

Nah, itulah daftar sembilan universitas terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkatan dunia yaitu QS WUR. Kamu dapat menggunakan hasil pemeringkatan tersebut sebagai acuan untuk memilih universitas dengan kualitas terbaik. Tak hanya berpatokan pada angka, kamu tetap harus memperhatikan kesesuaian jurusan yang kamu minati. Semoga artikel ini cukup membantu, ya!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *