Ergonomi adalah cabang ilmu sains yang berfokus pada interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya, khususnya pada lingkup pekerjaan. Memahami ergonomi sama halnya memahami kenyamanan kamu dalam bekerja. Apa itu ergonomi? Ergonomi merupakan proses mendesain, mengatur tempat kerja, sistem, dan produk agar sesuai dengan penggunanya dan memastikan kenyamanan serta keamanan saat digunakan.
Baca Juga:
- 5 Cara Mengukur Produktivitas Kerja
- Yuk, Kenali Teamwork Dan Pentingnya Dalam Dunia Kerja!
- Apa Itu Employer Value Proposition (EVP)?
Memahami ergonomi tak hanya sebatas mengatur tempat duduk atau komponen lain saat kamu bekerja. Sebenarnya ergonomi lebih dari itu. Tujuan akhir ergonomi adalah perbaikan ruang atau tempat kerja dan lingkungan untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Kamu perlu menciptakan kesan yang nyaman disesuaikan dengan tempat kerja yang digunakan. Hal ini akan memaksimalkan produktivitas pekerjaan kamu dan juga meminimalisir kecelakaan kerja. Yuk, pahami pentingnya menerapkan ergonomi di tempat kerja.
Baca Juga:
- Hal-Hal Yang Menghambat Produktivitas Kerja, Hindari Hal-Hal Berikut!
- 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Optimal
Baca Juga | 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Optimal
1. Menurunkan biaya
Penerapan ergonomi yang baik, penting untuk menurunkan risiko yang berhubungan dengan penyakit muskuloskeletal. Tahukah kamu penyakit apakah itu? Penyakit muskuloskeletal yaitu penyakit yang menyerang anggota tubuh meliputi badan, leher, dan punggung. Penyakit tersebut dapat disebabkan keadaan tidak nyaman di lokasi kerja. Risiko ini bisa diturunkan dengan penerapan ergonomi di lingkungan kerja. Perusahaan bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk kompensasi pekerja yang mengalami penyakit akibat ergonomi yang tidak baik.
Baca Juga | 9 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bisnis Agar Semakin Maju
Baca Juga:
- Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi Dalam Perusahaan
- Apa Itu Project Management? Cek Tahapan Dan Pendekatannya Di Bawah Ini, Ya!
- Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor
2. Meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
Penerapan ergonomi di tempat kerja penting untuk meningkatkan produktivitas. Kamu bisa menerapkan konsep ergonomi pada area pekerjaan apa pun. Ergonomi juga meliputi posisi meja, kursi, monitor komputer, keyboard, bahkan pencahayaan. Seluruh elemen dalam ruang kerja ini dapat mempengaruhi produktivitas pekerja secara positif. Kamu pun dapat bekerja secara nyaman, tenang, dan aman. Hal tersebut dapat lebih meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja kamu.
Baca Juga:
- Apa Itu Employer Branding? Simak Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya!
- Apa Itu Workshop? Yuk Simak Pengertian, Tujuan, Dan Fungsinya!
- Mengenal Konsep Kaizen Dalam Produktivitas Kerja
Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Di Lingkungan Kantor
3. Memperbaiki fokus kerja
Banyak pekerja yang mengalami kesulitan untuk tetap fokus pada pekerjaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fokus akan pekerjaan adalah dengan memastikan ergonomi di tempat kerja sudah baik. Kamu perlu menggunakan konsep ergonomi dengan benar, ya. Hal ini penting karena dengan lingkungan kerja yang aman dan nyaman dapat membuat kamu merasa bahwa kesehatan dan keamanan menjadi prioritas. Kamu dapat menilai dengan sendirinya bahwa perusahaan memperhatikan kebutuhan para pekerja dengan baik. Dengan begitu, moral bekerja akan meningkat dan etos kerja pun menjadi lebih baik. Tanpa ergonomi di kantor yang nyaman, para pekerja termasuk kamu akan lebih cepat lelah, sakit, bahkan resign. Oleh karena itu, ergonomi di perusahaan tidak boleh dianggap tidak penting.
Baca Juga:
Baca Juga | Definisi Produktivitas Karyawan, Apa Aja Sih Ciri-Cirinya?
4. Menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang aman
Budaya perusahaan merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan perusahaan. Kamu perlu memahami penerapan konsep ergonomi dalam sebuah perusahaan dengan tepat, ya. Sebuah perusahaan harus mampu mengintegrasi nilai-nilai ergonomi yang baik dan benar untuk menciptakan sebuah budaya yang aman dan nyaman. Kamu pun sebagai pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan dengan merasa bahagia dan tenteram. Penerapan ergonomi sangat penting karena berkaitan dengan penciptaan budaya kerja dalam jangka panjang. Perusahaan pun wajib menerapkan ergonomi bagi seluruh pekerja di dalamnya supaya tetap nyaman dan aman dalam bekerja.
Baca Juga:
- Apa Sih Budaya Organisasi Itu? Ini Dia 7 Karakteristik Dan Contohnya
- 4 Faktor Pembentukan Citra Sebuah Perusahaan
Baca Juga | 7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress
Nah, itu dia terkait pemahaman konsep ergonomi. Kamu perlu mengetahui pemahaman ergonomi dengan tepat. Penerapan ergonomi dengan tepat dapat menciptakan produktivitas kerja, loh. Terlebih lagi dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit akibat salah posisi kerja dalam area pekerjaan. Seluruhnya bisa kamu pelajari dengan baik dan terapkan pada tempat kamu bekerja, ya.
Baca Juga |
Leave a Reply