Tanggal:17 June 2024

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris 2022, Pasti Untung!

Siapa di sini yang jago masak? Wah, pasti banyak nih di antara kalian yang jago masak masakan rumah. Tapi, pernah nggak sih kalian berpikir bahwa keahlian memasak kalian itu akan menghasilkan pundi-pundi uang?

Jangan sangka menjadi ibu rumah tangga yang kerjaannya hanya di rumah itu tidak bisa menghasilkan uang. Ibu rumah tangga sekalipun dapat menghasilkan uang dari rumah dengan menjual masakan olahannya, lho! Banyak ibu rumah tangga ataupun wanita-wanita yang hanya di rumah tetapi memiliki tabungan yang banyak dari hasil penjualan makanan mereka.

Baca Juga:

Vocasia sudah merangkum 13 peluang usaha makanan paling laris 2022 untuk kamu. Yuk, simak di bawah ini!

1. Katering untuk Pegawai Kantor

Jika kamu punya skill memasak, kamu bisa menjajal bisnis makanan katering untuk kantor atau perorangan. Di tengah masa pandemi, mungkin makin banyak pegawai yang menghindari makan siang di luar kantor. Bagi pegawai yang Work From Home, mungkin menginginkan kepraktisan saat makan siang.

Melihat fenomena itu, ide bisnis makanan satu ini punya peluang pendapatan yang besar, kan? Pendapatan yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta. Makin pintar kamu mengelola modal, makin besar pula pendapatan kamu.

2. Daging Olahan Frozen

Itu artinya, bisnis daging olahan online punya peluang besar. Sebab, makin banyak orang yang menginginkan daging mentah diantar langsung ke rumah mereka. Tapi, bisnis daging mentah online butuh upaya untuk meyakinkan pelanggan lho. Mungkin saja ada pelanggan yang ragu pesan karena takut kualitas daging memburuk di jalan.

Baca Juga :

3. Kentang Frozen

Tren kentang goreng sebagai makanan kekinian tak boleh disia-siakan. Sebab, jajanan ini cukup populer. Jadi, manfaatkan saja sebagai ide bisnis makanan dengan menjual kentang frozen.

Umumnya, kentang frozen dijual melalui marketplace. Jadi, kamu bisa menjualnya melalui Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak sebagai marketplace besar di Indonesia. Menjual kentang di marketplace, kamu tak perlu repot soal pengantaran. Sebab, marketplace sudah bekerjasama dengan ekspedisi pengiriman.

4. Masakan Rumahan Frozen

Ketika ritme pekerjaan semakin padat, banyak orang yang tak sempat memasak. Di satu sisi, mereka tetap ingin makan masakan rumahan yang sehat. Oleh karena itu, bisnis masakan rumahan frozen bisa jadi ide jualan makanan rumahan.

Kamu perlu mengemas masakan rumahan kamu dalam keadaan beku. Lalu, pelanggan cukup memanaskan masakan di microwave dan menyantapnya. Menarik kan? Mungkin kamu ingin menjual berbagai masakan khas Indonesia. Kamu lalu mengelompokkan masakan tersebut berdasar kemasannya. Misalnya kemasan kecil, medium dan besar.

Baca Juga :

5. Kue Kering Berbentuk Hampers

Sekarang, memberi hampers sedang menjadi tren untuk hari ulang tahun hingga hari besar keagamaan. Jadi, bisa dibilang ide bisnis makanan ini jadi usaha paling laris saat ini.  Menjual hampers kue kering juga bisa jadi ide jualan makanan rumahan lho. Meski begitu, pelanggan kamu tak perlu repot-repot datang langsung untuk menentukan isian hampers.

6. All You Can Eat (AYCE)

All You Can Eat atau AYCE juga merupakan makanan kekinian yang naik daun. Bisnis makanan ini menyediakan aneka daging, sayur dan seafood sebagai menu bebakaran. Kini resto AYCE makin menjamur. Masing-masing resto meraup keuntungan besar. Jika kamu ingin ikut menangkap peluang ini, kamu tak perlu khawatir soal modal.

Baca Juga :

7. Salad Buah

Ingin mulai ide bisnis makanan sehat dengan modal minim? Kamu bisa mencoba jualan salad buah delivery. Memulai bisnis ini, kamu cukup menyediakan stok buah segar, mayonais, dan keju parut.

Kamu bisa memasarkannya di media sosial seperti instagram. Selain itu, kamu juga bisa membuat website sebagai sarana promosi tambahan. Tepatnya untuk menonjolkan keunikan produk.

8. Dessert Box

Kamu pandai membuat aneka kue basah? Misalnya brownies, tiramisu, hingga kue tart regal.  Nah, coba kemas kue ke dalam kotak kaca atau plastik. Selamat! Kamu berhasil membuat makanan kekinian bernama dessert box. Bisnis makanan ini bisa jadi ide jualan makanan rumahan yang menjanjikan lho. Asalkan, cara promosinya tepat.

9. Sambal Rumahan

Bicara soal target pasar di Indonesia, mayoritas tak bisa lepas dari sambal. Jadi, aneka sambal bisa jadi ide jualan makanan rumahan yang potensial. Sebagai contoh, brand lokal Nyambel Idn membuat aneka sambal Nusantara. Sambal kemudian dikemas dalam bentuk botol literan hingga botol kecil.

Baca Juga :

10. Rice Box

Peluang usaha makanan selanjutnya adalah Rice box. Makanan ini sedang naik daun karena saat ini semakin banyak orang sibuk yang butuh makan dengan praktis. Jadi, kamu bisa mulai coba ide bisnis makanan satu ini.

Soal masakan, kamu bebas menentukan. Tapi, tak ada salahnya membuat masakan yang sedang tren. Misalnya chicken salted egg atau chicken sambal matah. Jika variasi menu kamu banyak, sebaiknya kamu mempromosikannya lewat website.

11. Minuman Kekinian

Minuman kekinian juga termasuk dalam 10 jenis kuliner yang paling laku saat ini. Minuman kekinian seperti es cokelat, thai tea, green tea, red velvet dan taro masih menjadi incaran banyak orang, terutama anak-anak dan remaja. Minuman-minuman ini seolah belum habis termakan tren. Karena sejak booming beberapa tahun belakangan, hingga kini minuman kekinian model ini masih bertahan dan menjamur di banyak tempat.

Baca Juga :

12. Risol Aneka Isi

Risol adalah salah satu dari 10 jenis usaha kuliner paling laku yang bisa kamu coba juga. Popularitas risol sebagai salah satu camilan yang paling banyak diburu juga belum ada matinya. Malah, semakin hari risol semakin banyak variasinya. Dari yang semula didominasi oleh rasa gurih, kini risol juga hadir dengan rasa manis yakni risol cokelat.

13. Seblak

Terakhir, kamu dapat mencoba jenis usaha kuliner seblak. Seblak termasuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, terutama karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang unik. Seblak digemari oleh anak-anak muda, sebagai camilan yang mengenyangkan.

Membuka usaha seblak selain tidak membutuhkan modal yang besar, juga tidak membutuhkan keahlian memasak ala chef-chef restoran. Ini karena seblak mudah dibuat, dan bahan-bahan utamanya seperti kerupuk, jamur, sosis, bakso, makaroni juga gampang ditemukan.

Kamu juga jangan sampai ketinggalan. Ayo pilih peluang usaha makanan yang menurutmu cocok untuk kamu, sekarang juga!

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *