Tanggal:22 July 2024

Hampers Lebaran Bisa Jadi Peluang Bisnis Loh

Tahukah kamu bahwa masa-masa lebaran mempunyai peluang untuk mendapatkan cuan atau keuntungan? Ini tidak haram, melainkan halal dilakukan. Lebaran adalah masa di mana orang-orang ingin memberikan sesuatu kepada orang terkasih, saat itulah peluang bisnis kamu terbuka lebar!

Baca Juga :

Cara Memulai Bisnis Hampers Lebaran

Dalam momen idulfitri, biasanya orang akan berbondong-bondong mencari sesuatu yang dapat dikirimkan kepada kerabat dekat maupun sahabat untuk menjalin silaturahmi. Nah, tingginya minat masyarakat untuk membeli hampers saat lebaran bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan, lho!

Jangan khawatir kalau kamu bingung tidak tahu cara untuk memulai bisnis ini, karena Vocasia telah merangkum langkah-langkah untuk memulai bisnis hampers lebaran yang dapat kamu coba. Mari simak di bawah ini!

1. Tentukan Besar Modal

Tips paling awal sebelum memulai usaha ini adalah kamu harus menentukan besar modal yang harus disiapkan. Misalnya untuk satu paket hampers lebaran minimal kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000 sudah termasuk dengan isi, kartu ucapan, dan kotak kemasan.

Dengan modal sekian, kamu bisa menjualnya dengan harga Rp200.000 hingga Rp400.000 tergantung pada tingkat kesulitan yang kamu kerjakan. Lumayan bukan?

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Harus Berjualan Di Instagram

2. Tentukan Supplier yang Sesuai

Kamu harus mencari supplier yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebisa mungkin carilah barang-barang untuk isian hampers yang harganya terjangkau namun tetap berkualitas. Kamu bisa memberikan beberapa pilihan tema agar pembeli tak perlu repot memikirkan meng-custom hampers-nya.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

3. Pelajari Teknis Membungkus yang Indah

Untuk membuat hampers lebaran menjadi terlihat lebih mewah dan cantik, kamu dapat mempelajari tips membungkus, merangkai, serta menghias. Kini kamu bisa belajar dengan mudah dari berbagai sumber, misalnya YouTube maupun buku, gratis pula!

Baca Juga : Tips Desain Kemasan Yang Menarik

4. Berikan Promo yang Menarik

Siapa sih yang tidak tertarik dengan paket promo? Sebagai awalan dalam berbisnis, berikan promo menarik untuk calon pembeli kamu. Misalnya kamu bisa mengemasnya dalam bentuk diskon harga maupun giveaway berhadiah 1 paket hampers lebaran gratis dengan minimal pembelian 1 paket.

Baca Juga : Cara Berjualan Di Instagram

5. Lakukan Strategi Pemasaran ke Orang Terdekat

Sebelum memasarkannya di media sosial atau marketplace, kamu bisa mencoba menawarkan ke orang terdekat terlebih dahulu, seperti sahabat, rekan kerja, atau saudara. Mintalah feedback atau testimoni dari mereka tentang packaging, pemilihan warna, dan isi hampers yang kamu buat. Jadikan testimoni tersebut sebagai bahan koreksi agar lebih baik.

Baca Juga : Pemasaran Digital Untuk Bisnis

6. Terima Pesanan Custom

Bagaimanapun juga, beberapa orang memilih untuk meng-custom hampers lebaran dengan unik karena tak ingin sama dengan yang lain. Sebagai pemilik usaha hampers lebaran, ikutilah calon customer yang menginginkan tema sesuai yang mereka inginkan. Akan lebih baik jika kamu juga membantu mereka menemukan konsep yang cocok dan sesuai.

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Promosi Di Instagram Menarik

Ide Hampers Lebaran yang Unik

Sudah siap menentukan konsep bisnis hampers lebaran kamu? Simak ide-ide menarik berikut ini!

1. Produk Skincare

Ide hampers lebaran unik yang pertama adalah produk skincare. Terlalu sibuk beraktivitas membuat seseorang kadang kurang mempedulikan penampilannya. Untuk itu, kamu bisa menawarkan aneka skincare yang berisi produk body care, seperti body scrub, body lotion, sabun, deodorant, dan lulur mandi.

Baca Juga : Skincare Lokal Murah Tapi Berkualitas

2. Kosmetik dan Alat Make Up

Selain skincare, kamu juga bisa menawarkan produk kecantikan sebagai hampers lebaran. Kamu boleh menyesuaikan brand yang digunakan sesuai keinginan customer dan terdiri dari lipstick, foundation, bedak, bb cream, moisturizer, eye shadow, blush on, pensil alis, hingga berbagai ukuran brush make up. Pasti akan sangat menarik kaum hawa!

Baca Juga : Apa Itu Instagram Ads?

3. Lilin Aromaterapi

Siapa sangka, lilin aromaterapi akan sangat cocok dijadikan hampers jika disusun dengan cantik dan dihias sedemikian rupa. Kamu bisa menyediakan berbagai pilihan aromaterapi seperti lavender, rose, vanilla, atau aroma manis buah-buahan yang menenangkan.

Baca Juga : 8 Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

4. Aneka Bumbu Dapur

Hampers bumbu dapur akan menjadi hampers lebaran unik dan anti mainstream, lho. Pasalnya, bumbu dapur yang sangat sederhana bisa menjadi berkesan apabila dikemas secara unik dan menarik.

Misalnya diletakkan dalam wadah kaca mungil lengkap dengan label khusus. Lalu tata dalam kemasan keranjang rotan dan jangan lupa tambahkan kartu ucapan lebaran. Selain menarik, tentu bumbu dapur ini juga akan berguna.

Baca Juga : 13 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan

5. Perlengkapan Ibadah

Mengingat hakikat dari idulfitri adalah kembali ke fitrah atau kesucian, tentunya seseorang ingin memiliki penampilan yang baik saat beribadah. Untuk itu, kamu bisa membuat hampers berisikan perlengkapan ibadah seperti sajadah, mukena, tasbih, peci, atau sarung. Dengan kemasan yang bernuansa putih ditambah dengan kartu ucapan lebaran, hampers lebaran akan terasa lebih islami.

Baca Juga : 6 Cara Melihat Peluang Bisnis Di Lingkungan Sekitar

6. Makanan Khas Lebaran

Hari raya idulfitri sangat identik dengan sajian makanan khas lebaran, seperti kue kering, opor, dan ketupat. Berbekal dari makanan khas tersebut, kamu bisa mengemasnya menjadi lebih eksklusif dan menarik.

Baca Juga : Cara Buat Kue Nastar

7. Kopi

Selain makanan, hampers lebaran juga dapat diisi dengan minuman seperti sirup. Agar anti mainstream, kamu bisa mengkombinasikannya dengan aneka kopi. Boleh dalam bentuk bubuk maupun biji kopi utuh yang diletakkan dalam wadah kaca kecil.

Baca Juga : 3 Peluang Usaha di Bidang Jasa

8. Peralatan Makan dan Minum

Makan bersama menjadi tradisi tahunan yang biasa dilakukan bersama keluarga. Maka dari itu, kamu dapat menawarkan hampers berisi peralatan makan dan minum. Tentunya kamu harus pandai mengemasnya sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Baca Juga : Tips Membuat Bisnis Startup Bagi Pemula

9. Produk Kesehatan

Wabah pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus memutar otak agar bisa tetap bertahan. Ini bisa jadi salah satu ide untuk bisnis hampers lebaran unik. Yup, agar seseorang senantiasa menjaga kesehatannya, kamu bisa menawarkan produk kesehatan seperti masker, vitamin, madu, hand sanitizer, tissue basah, dan lilin aroma terapi.

Baca Juga : 4 Peluang Usaha Menjanjikan

10. Perlengkapan Bayi

Jika calon penerima hampers baru saja memiliki momongan, coba tawarkan dengan hampers berisi perlengkapan bayi. Tentu ini akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan bayi dan membuat mereka senang. Kamu bisa menjadikan baju bayi, topi, botol susu, selimut, dan kaos kaki sebagai isi hampers.

Nah, itu dia hampers lebaran yang bisa kamu jadikan untuk peluang bisnis di masa lebaran. Kamu pilih yang mana?

Baca juga: 10 Resep Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa!

Kursus digital marketing
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *