Influencer adalah orang-orang yang memiliki jangkauan luas di media sosial dan relatif terkenal. Istilah “influencer” berasal dari kata “untuk mempengaruhi” dan telah digunakan di jejaring sosial sejak tahun 2000-an. Influencer menggunakan jangkauan mereka untuk menyebarkan berita tentang topik tertentu atau untuk mengiklankan produk atau bisnis. Berkat fitur dan statistik analitik tertentu, influencer dapat mengetahui berapa banyak orang yang mereka jangkau dengan postingan mereka dan bagaimana reaksi orang.
Baca Juga | 5 Cara Menentukan Influencer untuk Promosi Bisnismu, Jangan Sampai Salah Pilih!
Influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap orang-orang yang mengikuti mereka, artinya mereka dapat mempengaruhi pandangan atau kebiasaan pembelian pengikut mereka. Mereka aktif di berbagai platform, seperti Instagram, facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube. Influencer paling terkenal memiliki jutaan pengikut dan penggemar. Sebagian besar dari apa yang disebut “mega influencer” ini tidak membatasi diri mereka pada satu area dan malah menangani berbagai topik.
Baca Juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan,Strategi dan Contoh
Pemasaran bertarget dengan influencer terkenal disebut pemasaran influencer. Perusahaan dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari jangkauan influencer dan mempelajari lebih lanjut tentang kelompok sasaran dan pelanggan potensial mereka, berkat pemantauan media sosial. Mereka biasanya menggunakan influencer sebagai duta merek dan produk untuk mempromosikan merek mereka atau produk tertentu. Perusahaan dan influencer dapat bekerja sama dalam bentuk kerjasama jangka panjang, kampanye singkat, atau bahkan testimonial yang lebih singkat.
Jenis – jenis influencer
1. Macro influncer
Makro influencer biasanya memiliki pengikut (antara 100.000 dan 1 juta pengikut) melalui internet. Mereka dianggap ahli di bidangnya, apapun itu. Fitur klasik dari makro-influencer adalah kemampuan mereka untuk menghasilkan konten baru secara teratur dan bagi sebagian besar orang-orang ini, platform media sosial mereka telah menjadi pekerjaan penuh waktu. Dan karena itu, prioritas mereka adalah menjaga hubungan yang kuat dengan pengikut mereka. Mereka tidak akan membahayakan kepercayaan itu atas pos sponsor yang tidak cocok atau kemitraan merek yang tidak relevan.
Baca Juga | 5 Jenis konten Video yang dapat menghasilkan uang
Manfaat makro influencer:
-
Relevansi
Influencer makro memiliki audiens yang sangat bertarget yang akan merespons dengan baik kolaborasi merek yang relevan.
-
Jangkauan
Beberapa makro influencer memiliki jangkauan yang besar dan tingkat keterlibatan yang baik, yang ideal untuk merek yang memiliki kesadaran merek dan konversi sebagai sasaran kampanye
Baca Juga | Apa Itu Display Ads?
-
Profesionalisme
makro influencer terbiasa bekerja dengan merek dan membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan audiens mereka, yang menyederhanakan proses kolaborasi untuk kedua belah pihak
2. Mikro influencer
Jenis influencer yang paling umum di Instagram saat ini adalah influencer mikro, yang memiliki antara 10.000 hingga 100.000 pengikut.
Apa yang membedakan mereka dari rekan mereka yang lebih besar, influencer makro, adalah jangkauan yang lebih kecil. Namun, influencer mikro lebih terspesialisasi daripada influencer makro dan karena itu lebih dipercaya oleh audiens mereka yang sangat setia, sangat terlibat, dan relevan. Dengan audiens yang terlibat seperti itu, influencer media sosial ini lebih cenderung menghasilkan prospek dan konversi yang berkualitas daripada influencer makro, yang audiensnya tidak terlalu spesifik. Jika target pasar suatu merek cocok dengan mikro influencer, itu pasti bisa menjadi kemitraan yang perlu ditelusuri.
Baca Juga | Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer
Manfaat mikro influecer:
-
Kredibiltas
Banyak mikro influencer adalah spesialis konten apa pun yang mereka bagikan yang terkait dengan konten tersebut dianggap lebih kredibel
Baca Juga | 5 Cara Membangun Kredibilitas Bisnis, Dijamin Efektif!
-
Biaya
Lebih sedikit investasi yang diperlukan untuk bekerja dengan influencer mikro, yang membuat kemitraan semacam ini lebih mudah diakses oleh merek
-
Engagement
Influencer mikro cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik daripada influencer mega atau makro, karena audiens mereka dapat dengan mudah berhubungan tidak hanya dengan konten tetapi juga dengan influencer itu sendiri
Baca Juga | Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online
-
Konversi
Influencer mikro lebih cenderung mengubah prospek hangat menjadi pelanggan dan pelanggan berkat tingkat kepercayaan yang kuat antara mereka dan audiens mereka
-
Availability
Karena biaya yang lebih rendah untuk bekerja dengan masing-masing mikro influencer, merek memiliki opsi untuk bekerja dengan beberapa influencer secara bersamaan
Baca Juga | Hal yang Harus diperhatikan Saat Melakukan Kolaborasi Antar Merek
3. Nano influencer
Seorang Instagrammer dengan kurang dari 10.000 pengikut. Nano influencer adalah individu dengan pengaruh dalam komunitas lokal mereka. Pikirkan teman atau anggota keluarga yang memiliki bakat untuk Instagram, membuat konten berkualitas yang secara konsisten mencapai keterlibatan yang baik. Itu adalah nano influencer Anda.
Baca Juga | Apa Itu Brand Community dan Manfaat Membangun Komunitas Merek
Nano influencer adalah meskipun, ya, jangkauan mereka rendah, pengaruh mereka di antara komunitas orang yang kecil tapi erat berpotensi besar. Mereka akan mengetahui sebagian besar, jika tidak semua, pengikut mereka, dan tingkat keintiman itu bisa menjadi manfaat besar bagi merek atau kampanye yang tepat.
Manfaat nano influencer:
-
Engagement
Influencer nano cenderung memiliki keterlibatan tertinggi dari semua influencer media sosial lainnya
-
Biaya
Berkat biaya yang lebih rendah untuk bekerja dengan nano influencer, kemitraan semacam ini dapat bekerja dengan sangat baik untuk bisnis atau perusahaan baru dengan anggaran pemasaran yang kecil
Baca Juga | 5 Kalimat Iklan Parfum yang Menarik dan Efektif, Terapkan Mulai Sekarang!
-
Kredibilitas
Banyak nano influencer mengenal pengikut mereka pada tingkat yang dekat, sehingga Anda dapat menjamin bahwa merek atau produk Anda (jika relevan) akan diterima dengan baik
-
Konversi
Seperti yang disebutkan di atas, banyak orang lebih mempercayai dan menindaklanjuti rekomendasi dari teman dan keluarga daripada dari selebriti atau Instagrammer besar. Ini berarti kemungkinan konversi lebih besar dengan nano influencer dibandingkan dengan makro atau mega influencer
Baca Juga | 8 Contoh Teknik Komunikasi Persuasif dalam Kehidupan Sehari-hari
-
Lokasi
Jika sebuah merek memiliki lokasi fisik atau mempromosikan acara lokal, kemitraan dengan nano influencer bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun buzz dan menghasilkan berita positif dari mulut ke mulut di antara komunitas lokal
Baca Juga | Apa Itu Digital Nomad? Pengertian dan Tips Menjadi Digital Nomad
Leave a Reply