Tanggal:26 February 2024

9 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui!

Kelebihan dan kekurangan bisnis online

Apakah kamu suka berbelanja melalui Instagram, Facebook, atau bahkan e-commerce yang ada di Indonesia? Apakah kamu juga menyadari bahwa ternyata pembeli di market online lebih besar dibandingkan pembeli di pasar tradisional? Saat ini, banyak calon buyer lebih memilih berbelanja via daring, dibandingkan pergi langsung ke pasarnya. Selain hal tersebut dianggap oleh calon buyer ini lebih praktis dan tak mengeluarkan tenaga karena hanya butuh berselancar di market onlinenya. Berbelanja secara daring pun akan bisa mencegah kontak langsung dengan manusia lain, mengingat saat ini masih dalam pandami covid-19. Jadi, akan lebih aman. Memanfaatkan situasi yang dimikian, akhirnya membuat banyak pembisnis memutar otak untuk bisa meningkatkan usahanya agar tidak terdampak pandemi tersebut. Nah, membuka bisnis secara online menjadi solusinya. Hal itu karena dengan membuka bisnis secara online ternyata meningkatkan keuntungan yang lebih dibandingkan secara offline.

Kamu pun bisa melakukan cara yang sama untuk bisa mengembangkan usaha yang bisnis yang kamu jalankan. Kamu bisa mulai mendirikan bisnis online di market place online yang tersedia di Indonesia. Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online ini. Adanya pengetahuan ini dimaksudkan untuk menjadi pertimbangan sebelum kamu memulainya. Tanpa banyak basa-basi, langsung saja check it out!

Kelebihan Bisnis Online

1. Fleksibel terhadap Waktu dan Tempat Bekerja

Sangat fleksibel dijalankan.
Sangat fleksibel dijalankan. Sumber: Pexels

Kelebihan #1 ketika kamu berniat untuk memulai bisnis online adalah kamu bisa mengerjakannya sefleksibel dan sebebasmu. Maksudnya di sini, kamu bisa menjalankan bisnis online tersebut di mana pun dan kapan pun kamu inginkan. Kamu bisa menjalankan bisnismu tersebut ketika kamu di luar rumah, di kantor, di sekolahan, dan sebagainya. Kamu pun bisa menjalankan bisnis onlinemu ini di waktu apapun. Oleh karena itu, membuka bisnis online ini sangat cocok untuk dijalankan sebagai bisnis sampingan para pekerja, pelajar, ibu rumah tangga, atau bahkan sebagai bisnis utama sekalipun. Nah, sebagai catatanya, meskipun sebebas dan sefleksibel mungkin, kamu tetap harus membalas secara cepat pesan masuk yang datang dari calon buyer ya!

2. Modal yang Kecil

Modal yang harus dikeluarkan kecil.
Modal yang harus dikeluarkan kecil. Sumber: Pexels

Kelebihan #2 yang bisa kamu dapatkan ketika memulai bisnis online adalah kamu hanya membutuhkan modal yang kecil. Adanya modal yang kecil ini dikarenakan kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan biaya sewa ruko. Loh, memangnya bisa membuka bisnis tanpa menyewa ruko? Jawabannya, tentu saja bisa! Dengan membuka bisnis secara online inilah solusinya karena kamu bisa melakukannya dari rumah. Nah, dari pengurangan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas produk yang dijual, deh! Selain itu, berbading terbalik dengan modal yang dikeluarkan, nantinya jika bisnis onlinemu tersebut semakin berkembang, justru kamu akan mendatangkan keuntungan yang banyak loh!

3. Menjangkau Banyak Orang

Bisa menjangkau pembeli secara luas.
Bisa menjangkau pembeli secara luas. Sumber: Pexels

Kelebihan #3 ketika kamu membuka bisnis online adalah kamu akan dapat menjangkau calon buyer secara luar. Loh, kok bisa? Bagaimana caranya? Ya, dengan memulai bisnis online, kamu bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Hal itu karena toko onlinemu tersebut nantinya bisa dijangkau dan diakses oleh banyak orang dari seluruh daerah di Indonesia. Berbeda dengan jika kamu membuka toko secara offline, tentunya pelanggan yang bisa dijangkau hanya orang-orang yang tinggal di depat tokomu buka, bukan?

4. Transaksi yang Cepat

Proses transaksi yang cepat dan mudah.
Proses transaksi yang cepat dan mudah. Sumber: Pexels

Kelebihan #4 bisnis online yang harus kamu tahu selanjutnya adalah proses transaksi yang cepat dan mudah. Hal itu karena calon buyer bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, serta hanya menggunakan ponsel atau laptop. Para calon buyer ini juga hanya tinggal membeli barang dari toko online dan membayarnya menggunakan m-banking, DANA, OVO, dan lain sebagainya yang dimiliki dan telah tersedia di perangkat ponsel masing-masing buyer. Mereka tidak perlu untuk keluar rumah sejengkal pun. Oleh karena itu, proses bisnis online ini sangat praktis, cepat, dan mudah. Bagi penjual pun, transaksinya sama mudah dan cepatnya. Setelah adanya pesanan masuk, pejual hanya harus mengemas dan mengirimkannya menggunakan jasa layanan pesan antar yang telah tersedia.

5. Promosi yang Menarik

Bisa mengadakan promosi yang menarik.
Bisa mengadakan promosi yang menarik. Sumber: Pexels

Kelebihan #5 ketika kamu memulai bisnis online adalah kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada sebagai media promosi untuk bisnismu tersebut. Sebagai contohnya jika kamu berjualan online di Instagram. Nah, kamu bisa memanfaatkan Instagram Ads, Paid Promote atau sistem Endorsement untuk promosi, sehingga statistik penjualan tokomu bisa semakin meningkat. Nah, sebagai catatan, buat promosimu semenarik mungkin ya! Hal itu agar calon buyer juga mudah tertarik untuk membeli produkmu.

6. Bisa Dikerjakan oleh Siapapun

Bisnis online bisa dikerjakan siapapun.
Bisnis online bisa dikerjakan siapapun. Sumber: Pexels

Kelebihan #6 yang akan kamu dapatkan jika memulai bisnis online adalah bisnis tersebut bisa dikerjakan oleh siapapun. Maksudnya di sini, kamu bisa mulai menjalankan bisnis online ini, meskipun kamu tak memiliki surat sertifikat atau pengalaman kerja apapun.

7. Banyak Variasi Model Bisnis

Terdapat banyak variasi model bisnis.
Terdapat banyak variasi model bisnis. Sumber: Pexels

Kelebihan #7 ketika kamu berniat untuk membuka bisnis online adalah akan ada banyak variasi model bisnis yang bisa kamu jalankan. Terdapat banyak model bisnis online yang bisa kamu pilih satunya. Market place seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya, atau media sosial dan blog menjadi contoh pilihan-pilihannya. Nah, kamu bisa memilih salah satunya atau bahkan lebih sekaligus, nih!

8. Potensi Market Global

Bisa menjangkau market global.
Bisa menjangkau market global. Sumber: Pexels

Kelebihan #8 yang bisa kamu dapatkan ketika membuka bisnis online adalah bisnismu tersebut memiliki potensi menjangkau pasar global atau luar negeri. Hal itu karena toko onlinemu dapat dijangkau dan diakses oleh calon buyer di luar Indonesia. Wah, tentunya akan sangat menguntungkan sekali bagi bisnis onlinemu tersebut jika sampai keadaan dimikian terjadi, ya!

9. Bisa Beroperasi 24 Jam

Bisa dijalankan 24 jam.
Bisa dijalankan 24 jam. Sumber: Pexels

Kelebihan #9 atau terakhir yang akan kamu dapatkan ketika membuka bisnis online adalah bisnismu tersebut dapat beroperasi selama 24 jam! Berbeda dengan membuka toko secara offline yang tentu saja akan ada jam tutup toko, membuka bisnis secara online justru bisa dilakukan sepanjang waktu, bahkan ketika kamu tidur sekali pun, loh!

Kekurangan Bisnis Online

Nah, setelah membahas kelebihan dari membuka bisnis online, akan kurang rasanya jika kekurangan dari bisnis onlinenya juga tak dibahas. Berikut beberapa kekurangan dari berbisnis online yang menjadi pertimbanganmu.

1. Butuh Pengetahuan dan Skill

Butuh pengetahuan dan skill menggunakan teknologi.
Butuh pengetahuan dan skill menggunakan teknologi. Sumber: Pexels

Kekurangan #1 yang akan dirasakan olehmu ketika membuka bisnis online adalah kamu harus memiliki pengetahuan dan skill. Membuka bisnis secara online artinya kamu akan dihadapkan oleh teknologi bernama online market place. Nah, oleh karena itu, kamu harus mempunyai pengetahuan mengenai teknologi ini agar mampu menjalankan bisnismu tersebut. Bayangkan jika kamu tak memiliki pengetahuan tersebut? Tentunya kamu akan gaptek dan tidak bisa mengoptimalkan tokomu tersebut. Selain itu, kamu juga membutuhkan skill berjualan ya!

2. Persaingan yang Ketat

Terdapat persaingan yang ketat.
Terdapat persaingan yang ketat. Sumber: Pexels

Kekurangan #2 dari berbisnis online adalah adanya persaingan yang ketat. Bisnis online semakin marak dilakukan atau digeluti para pembisnis. Oleh karena itulah, ketika kamu juga memutuskan untuk membuka bisnis online, kamu akan menemukan persaiangan yang ketat di pasar. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membuat branding toko onlinemu yang menarik dan mudah diingat oleh buyer.

3. Masih Maraknya Penipuan

Masih marak terjadinya penipuan.
Masih marak terjadinya penipuan. Sumber: Pexels

Kekurangan #3 yang mungkin saja akan kamu alami ketika membuka bisnis online adalah penipuan. Banyak para pengusaha yang membuka bisnis online kerap kali mendapatkan penipuan. Misalnya saja ketika buyer sudah memesan dan mengirimkan bukti transfer uang, dan kamu sudah mengirimkan barangnya, namun ternyata kamu ditipu karena uang transferan tersebut tak ada dan buyer tak lagi bisa dihubungi. Nah, olah karena itu, ketika menjalankan bisnis online ini, kamu harus teliti ya!

4. Sangat Bergantung pada Internet

Sangat bergantung pada internet.
Sangat bergantung pada internet. Sumber: Pexels

Kekurangan #4 dari menjalankan bisnis online adalah sangat bergantung pada internet. Ketika menjalankan bisnis onlinemu tersebut, tentunya hal itu baru bisa kamu lakukan jika terhubung ke jaringan internet. Nah, sebaliknya, jika tak ada sambungan internet, kamu tak bisa menjalankan bisnismu sama sekali. Oleh karena itu, pastikan kamu tersambung ke internet ya!

5. Tidak Mudah Membangun Kepercayaan

Tidak mudah membangun kepercayaan pembeli.
Tidak mudah membangun kepercayaan pembeli. Sumber: Pexels

Kekurangan #5 ini biasanya dialami oleh pembisnis yang baru membuka toko online yaitu sulitnya membangun kepercayaan pembeli. Biasanya calon buyer akan merasa tak percaya pada toko yang masih sepi pembeli atau baru buka ini. Nah, memang membangun kepercayaan buyer tidaklah gampang, namun jika kamu bisa membuat branding yang baik, bisa menjamin kepuasan mereka, dan konsisten, tentunya masalah ini bisa teratasi. Tips untuk pemula sepertimu yang baru membuka bisnis online nih, kamu bisa menawarkan produk-produkmu ke relasi teman atau keluarga dan meminta testimoni mereka untuk bisa ditampilkan di toko onlinemu!

6. Adanya Biaya Tambahan yang Mahal

Adanya biaya ongkos kirim.
Adanya biaya ongkos kirim. Sumber: Pexels

Kekurangan #6 yang biasanya dialami juga ketika membuka bisnis online adalah adanya biaya tambahan yang mahal, mengakibatkan calon buyer akhirnya membataslkan pesanan. Ketika membuka toko online, biasanya akan ada biaya ongkos kirim. Nah, kadang kala, ongkos kirim yang harus dibayarkan oleh calon buyer ini jauh lebih mahal dibandingkan harga barang itu sendiri. Darinya, calon pembeli akhinya memutuskan untuk batal membeli. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan memberikan gratis ongkir nih!

7. Barang Tidak Sesuai dengan Gambar

Barang tidak sesuai gambar.
Barang tidak sesuai gambar. Sumber: Pexels

Kekurangan #7 ketika membuka bisnis online adalah adanya ketidaksamaan antara barang dan gambar yang ditampilkan. Biasanya ini dilakukan oleh pembisnis yang curang, nih! Mereka akan menampilkan gambar produk yang bagus, tetapi ketika barang sampai justru kualitasnya sangat jelek. Nah, kamu jangan ikut-ikutan melakukan hal ini ya! Justru akan merusak reputasi tokomu. Berikan kualitas produk yang baik, sehingga tokomu bisa mendapatkan kepercayaan pembeli.

8. Barang Rusak

Barang bisa saja rusak.
Barang bisa saja rusak. Sumber: Pexels

Kekurangan #8 yang mungkin akan dialami oleh para pembisnis ketika membuka bisnis online adalah barang yang rusak. Ketika dikemas, kamu sudah memastikan barang dalam kondisi baik, namun ketika sampai di tangan pembeli justru sudah rusak. Hal itu bisa saja terjadi ketika barang dalam perjalanan ternyata tertimpa sesuatu. Nah, oleh karena itu, untuk menghindari kejadian demikian, pastikan pengemasannya ya!

9. Bergantung Search Engine

Sangat bergantung search engine
Sangat bergantung search engine. Sumber: Pexels

Kekurangan #9 atau yang terakhir ketika membuka bisnis online adalah bisnismu bergantung pada search engine atau mesin pencari. Misalnya ketika seorang buyer mengetik sepatu kets, mesin pencari tersebut akan menampilkan toko-toko online yang menjual sepatu kets. Nah, tampilnya tokomu ini bergantung pada search engine tersebut. Akibatnya ada bisnis online yang semakin berkembang karena selalu terlacak search engine, namun ada bisnis yang kian surut karenanya.

vocasia.id

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *